SUARA INDONESIA

Wakil Ketua DPRD Kaltim Ajak Anak Muda Geluti Profesi Petani Modern

Redaksi - 31 October 2023 | 13:10 - Dibaca 236 kali
Advertorial Wakil Ketua DPRD Kaltim Ajak Anak Muda Geluti Profesi Petani Modern
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Seno Aji. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Seno Aji mengajak anak muda untuk tidak lagi takut menggeluti profesi petani.

"Sekarang sudah ada ada sebutan petani modern, tidak lagi yang manual, sudah ada cara modern untuk tanamnya. Harapannya anak muda tidak takut jadi petani modern," ucapnya, Selasa (31/10/2023).

Seno menyebut, dengan perkembangan zaman, beberapa profesi baru hadir seraya menggeser profesi lama yang kini tidak lagi dimintai, terutama generasi muda. Salah satunya, profesi yang kini tidak diminati oleh generasi muda adalah petani. Petani dianggap sebagai profesi yang berat dan kurang menguntungkan dari segi perekonomian.

"Pandangan sebelah mata ini tentu saja semakin menurunkan minat generasi muda untuk menggeluti pekerjaan yang identik dengan persawahan ini," ujar Seno. 

"Padahal saat ini, petani tengah naik daun dengan berbagai metode tanam yang hadir seiring canggihnya teknologi dalam bercocok tanam," lanjutnya.

Menurut Seno petani tidak harus lagi menanam di sawah yang berlumpur ataupun harus berpanas-panasan di bawah terik matahari untuk memanen hasilnya.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra ini menyampaikan, kemampuan yang dimiliki oleh generasi muda dalam mengoperasikan gadget juga patut dimanfaatkan dengan baik.

"Sebagai contoh, media sosial dapat menjadi media dan sarana jual atau promosi hasil panen yang telah ditanam, sehingga anak muda tak perlu bingung harus menemukan target pasarnya," ungkapnya.

"Bagaimana mereka bisa mengerti dan paham arti modern ini, bisa pakai gadget untuk mendukung hasil pertanian mereka, promosi sampai penyaluran ke market," imbuhnya.

Dengan peluang yang terbuka luas sebagai petani modern melalui perkembangan teknologi informasi, diharapkan banyak anak muda yang mau terjun dalam sektor pertanian modern dan meningkatkan produksi pangan dalam negeri. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV