SUARA INDONESIA

Pentingnya Tingkatkan Alokasi Dana untuk Pemberdayaan Masyarakat di Kaltim

Redaksi - 05 November 2023 | 14:11 - Dibaca 375 kali
Advertorial Pentingnya Tingkatkan Alokasi Dana untuk Pemberdayaan Masyarakat di Kaltim
Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Akhmed Reza Fachlevi. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Akhmed Reza Fachlevi menggarisbawahi pentingnya meningkatkan alokasi dana untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat.

Terutama, Bidang yang diharapkan untuk mendapatkan peningkatan alokasi meliputi pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana, pemberdayaan sumber daya manusia, perangkat desa, dan bidang olahraga.

Reza menyampaikan, rencana peningkatan tersebut melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim yang akan memberikan beasiswa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) yang memberikan bantuan untuk masyarakat desa, dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Kami sudah rencanakan beberapa OPD termasuk Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim ada beasiswa, di DPMPD ada bantuan untuk masyarakat desa dan juga di Dispora,” ungkapnya kepada wartawan, beberapa waktu lalu. 

Dalam hal pendidikan, Reza mendesak agar program beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa terus diteruskan, terutama untuk warga yang belum menerima bantuan pendidikan tersebut.

Ia menganggap kurangnya sosialisasi di wilayah pedesaan menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, ia meminta Disdikbud Kaltim untuk memberikan informasi terkait beasiswa melalui surat kepada seluruh sekolah.

Reza menekankan bahwa program beasiswa harus tetap berjalan, mengingat tidak semua masyarakat telah mendapatkan informasinya. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi yang lebih baik dari dinas terkait tentang pentingnya program beasiswa ini.

“Ini harus tetap berjalan karena tidak semua masyarakat memperoleh informasinya. Sehingga perlu adanya sosialisasi oleh dinas terkait tentang beasiswa ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, DPRD bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim telah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim tahun 2024.

APBD tersebut mencapai jumlah sekitar Rp20,6 triliun, mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2023 yang sebelumnya sekitar Rp17,2 triliun. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV