SUARA INDONESIA

Pramuka Kota Bontang Butuh Dukungan Pemerintah untuk Maju

Mohamad Alawi - 27 November 2023 | 13:11 - Dibaca 364 kali
Advertorial Pramuka Kota Bontang Butuh Dukungan Pemerintah untuk Maju
Bakhtiar Wakkang, Anggota DPRD kota Bontang,

SUARA INDONESIA, BONTANG - Komisi II DPRD Kota Bontang mendorong peningkatan pembinaan Pramuka. Hal itu berlandaskan dari Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pramuka.

Anggota Komisi II DPRD Bontang Bakhtiar Wakkang selaku pemimpin RDP, mengatakan bahwa Pramuka memiliki peran penting dalam pengembangan karakter generasi muda.

"Pramuka sangat penting karena membentuk karakter," kata Politisi Partai NasDem ini, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memajukan kegiatan kepramukaan, salah satunya dengan membuat payung hukum mengenai kepramukaan ini.

"Karena 5 tahun mereka pernah vakum, maka kita harus berakselarasi," ujarnya.

Kemudian membuat peraturan wali kota (Perwali) dalam mendukung anggaran supaya jelas.

Lebih lanjut, BW sapaan akrabnya menilai Pramuka Kota Bontang belum memiliki gedung sekretariat. Sementara gerakan Pramuka ini mandatori dari Undang-Undang Nomor 12/2010 tentang Gerakan Pramuka.

"Ini sangat penting karena menjadi tempat berkumpulnya para anggota Pramuka," ungkapnya.

Mengenai rancangan anggaran, mereka terlebih dahulu melakukan Rapat Kerja (Raker). Dari hasil Raker itu, mereka kemudian menyerahkan kepada Badan Perencana Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang).

"Selanjutnya bagaimana Bapelitbang berkomunikasi dengan lingkup OPD, supaya ada percepatan. Intinya kewajiban pemerintah mensupport mereka," tegasnya.

BW berharap, dengan adanya dukungan dari pemerintah, Pramuka Kota Bontang bisa semakin maju dan berkembang. Sehingga bisa mencetak generasi muda yang berkarakter dan cinta Tanah Air.

"Kami berharap pemerintah bisa memberikan perhatian yang lebih kepada Pramuka," pungkasnya.

Peningkatan pembinaan Pramuka ini penting untuk mencetak generasi muda yang berkarakter dan cinta Tanah Air. Pramuka memiliki nilai-nilai dasar yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti patriotisme, cinta tanah air, kedisiplinan, dan kerja sama.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah, Pramuka Kota Bontang bisa lebih maju dan berkembang, sehingga bisa mencetak generasi muda yang lebih berkualitas dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV