SUARA INDONESIA

Bupati Blitar Minta Anggota Panwaslu Kecamatan Bekerja Ekstra dan Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

Arik Susanto - 23 May 2024 | 17:05 - Dibaca 388 kali
Advertorial Bupati Blitar Minta Anggota Panwaslu Kecamatan Bekerja Ekstra dan Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama anggota panwaslu kecamatan bersua foto. (Foto: Susanto/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLITAR - Dalam menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan diimbau untuk menjalankan tugas pengawasan dengan profesionalisme dan menjunjung tinggi netralitas.

Hal ini disampaikan, Bupati Blitar Rini Syarifah saat menghadiri acara pengambilan sumpah/janji pelantikan anggota Panwaslu Kecamatan di Blitar, Jumat (24/05/24). Pada kesempatan itu, juga dihadiri oleh seluruh camat, kapolsek dan danramil se wilayah Kabupaten Blitar. 

Menyadari pentingnya peran Panwaslu dalam mengawasi proses demokrasi, Bupati Blitar Rini Syarifah mengingatkan bahwa integritas dan netralitas anggota Panwaslu harus tetap dijaga. "Panwaslu harus berdiri di garis depan untuk memastikan proses Pilkada berjalan dengan lancar, adil, dan transparan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Bupati Blitar menerangkan, pentingnya menjaga netralitas dan profesionalisme anggota Panwaslu, tanpa memihak kepada siapapun. Ditekankan bahwa, setiap keputusan yang diambil harus didasarkan fakta dan data yang valid, tanpa adanya intervensi politik maupun tekanan dari pihak manapun.

"Pada kesempatan ini, sebanyak 66 orang anggota Panwaslu Kecamatan dilantik secara resmi oleh Bawaslu Kabupaten Blitar. Nantinya, setiap wilayah atau per Kecamatan akan ditempatkan sebanyak tiga orang. Saya minta, tetap menjunjung tinggi profesionalitas," terangnya. 

Bupati menjelaskan, anggota Panwaslu memiliki peran dan tugas yang penting dalam proses Pilkada Serentak bulan November 2024 mendatang. Sehingga, mereka diminta untuk segera lari cepat dan berkomunikasi dengan lintas sektor mempersiapkan gelaran 5 tahunan tersebut. 

"Saya minta kepada anggota Panwaslu, panjenengan sudah diberikan amanah oleh negara jadi harus diperhatikan dengan betul. Jangan sampai terlena hingga melupakan tanggung jawab, semoga pilkada tahun ini berjalan dengan adem ayem," imbuhnya. 

Bupati menambahkan, dengan semangat dan komitmen untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, diharapkan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar, adil, aman dan demokratis. Netralitas dan profesionalisme anggota Panwaslu dapat menjadi penjamin keberhasilan dan keabsahan proses demokrasi di tingkat kecamatan maupun kabupaten. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV