SUARA INDONESIA

Tanamkan Nilai-nilai Pancasila kepada Masyarakat, Bakesbangpol Situbondo Gelar Sosialisasi

Syamsuri - 28 August 2024 | 19:08 - Dibaca 1.27k kali
Advertorial Tanamkan Nilai-nilai Pancasila kepada Masyarakat, Bakesbangpol Situbondo Gelar Sosialisasi
Kepala Bakesbangpol Situbondo Buchari saat membuka sosialisasi penanaman nilai nilai ideologi. (Foto: Syamsuri/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo  menggelar sosialisasi penanaman nilai-nilai ideologi pancasila bagi masyarakat Situbondo, Rabu (28/08/2024)

Kegiatan diikuti sebanyak 80 peserta  terdiri dari generasi muda yang ada di masing-masing Desa di wilayah Kecamatan Panji dan Kota Situbondo.

"Kegiatan ini adalah salah satu program Bakesbangpol Situbondo dalam rangka membina masyarakat untuk penguatan nilai-nilai ideologi dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Kepala Bakesbangpol Situbondo Buchari.

Buchari menyebut, ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan merupakan cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan serta kesatuan wilayah yang dilandasi pancasila.

"Oleh karena itu, pancasila merupakan pondasi dasar Bangsa Indonesia dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Buchari mengatakan, di era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, berbagai kemajuan teknologi dapat diperoleh dengan mudah. Dengan demikian, dapat mempengaruhi gaya hidup serta pola pikir masyarakat yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi masyarakat, khususnya bagi anak muda yang harus diwaspadai. Sehingga perlu adanya pemberian penanaman nilai-nilai ideologi dan wawasan kebangsaan bagi masyarakat, khususnya para pemuda," terangnya.

"Untuk itu, harus diwaspadai. Makanya kami terus berupaya untuk mengadakan sosialisasi ini kepada masyakat dengan menggandeng beberapa partai politik yang mempunyai kursi di DPRD Kabupaten Situbondo," tandasnya.

Melalui kegiatan tersebut, seluruh peserta nantinya dapat menyampaikan kepada yang lain melalui organisasinya masing-masing, baik itu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ormas maupun Organisasi kepemudaan.

“Harapan saya usai acara sosialisasi peserta dapat menyampikan lagi materi tersebut kepada yang belum mengikuti sosialisasi ini," ucap Buchari.

Buchari juga berharap para peserta dapat menjadi mitra Bakesbangpol, untuk menyalurkan hal-hal apa saja yang terjadi di lingkungannya, dalam hal penguatan nilai-nilai ideologi kepada masyrakat

Sementara Rudi Afianto, menambahkan, cara mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara yaitu harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Yaitu dengan melakukan penguatan dalam sistem pendidikan, Internalisasi nilai pancasila pada generasi muda, menjaga keutuhan NKRI, menjaga konsistensi normatif dalam Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara," jelasnya.

Selain itu, didalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, menyatakan bahwa tujuan Pemerintah Negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," pungkas Rudi. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV