SUARA INDONESIA

Disbudpora Ciamis Lestarikan Budaya Busana Adat Sunda

Bayu Untoro - 30 November 2021 | 22:11 - Dibaca 1.17k kali
Budaya Disbudpora Ciamis Lestarikan Budaya Busana Adat Sunda
Perlombaan busana adat tradisonal sunda yang digelar di Gedung Kesenian, Kabupaten Ciamis, Selasa (30/11/2021).

CIAMIS – Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Ciamis turut unjuk kebolehan dalam perlombaan busana adat tradisonal sunda yang digelar di Gedung Kesenian, Kabupaten Ciamis, Selasa (30/11/2021).

Kepala Bidang Kebudayaan, Iing Rahmat Rifai mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar dalam rangka melestarikan busana  adat tradisional sunda,” ujarnya.

“Sesuai amanat Undang-undang tentang objek kemajuan kebudayaan, Disbudpora Ciamis mempunyai  tugas dalam membina, mengembangkan, melestarikan dan memamfaatkan.

Kegiatan ini merupakan upaya dalam melestarikan busana adat sunda yang ada di Tatar Galuh Ciamis,” ungkap Iing.

Tidak hanya ketahanan pangan, pemerintah juga fokus dalam ketahanan budaya, sehingga masyarakat bisa telindungi dari pengaruh budaya luar.

Diera serba digitalisasi ini kata Iing, penanaman cinta budaya tanah air khususnya budaya sunda ini harus lebih ditanamkan wawasannya kepada anak-anak usia dini.

Hal tersebut supaya generasi muda kita ini bangga dan tidak terpengaruh budaya luar,” tutur Iing.

 Jadi kata Iing, dengan lomba budaya adat sunda ini secara tidak langsung turut memberikan wawasan dan informasi kepada masyarakat bahwa kita ini punya budaya, terutama budaya dalam berpakaian.

“Kita sebagai orang sunda yang ada di Tatar Galuh Ciamis , nanti akan merasa bangga, ini loh busana adat kita,” kata Iing.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bayu Untoro
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV