SUARA INDONESIA

Bulan Ramadan Pondok Pesantren At Tahzib Jombang Ngaji Kitab Kuning

Gono Dwi Santoso - 30 March 2023 | 04:03 - Dibaca 2.19k kali
Budaya Bulan Ramadan Pondok Pesantren At Tahzib Jombang Ngaji Kitab Kuning
Para santri saat mengikuti pengajian kitab kuning di pondok pesantren At Tahzib Ngoro Jombang,Kamis (30/03/2023).

JOMBANG -  Merawat tradisi di bulan Ramadan Pondok Pesantren At - Tahzib yang ada  di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupeten Jombang  ini rutin angji kitab kuning

pengajian itu diikuti ribuan santri

Dimana pondok pesantren At - Tahzib ini, berada di ujung selatan kota Jombang dekat dengan perbatasan  kabupaten Kediri dan selama bulan ramadan selalu mengadakan kajian kitab kuning pagi hingga malam, Kamis ( 30/03/2023).

Tampak para santri sedang berjejer duduk di Masjid untuk mengikuti kanjian kitab kuning yang di isi oleh ustadz dari Pondok Pesantren tersebut.

Tampak para santri pondok pesantren At Tahzib ini sedang khusuk mengikuti kajian kitab kuning.

mereka menyimak dan menyalin dari penjelasan sang ustadz saat pengajian kitab kuning berlangsung.

Di temui di pondok pesantren sehabis acara, Pengasuh Pondok pesantren At Tahzib Ngoro Jombang ,KH Ahmad Masruh IM, menceritakan awal mula berdirinya pondok pesantren At Tahzib ini di dirikan Romo KH Insan Mahin pada  tahun 1962 yang berasal dari Solo.

" Beliau menetap disini dan mendirikan pesantren dan santrinya masih 15 orang yang mondok disini dan makin tahun makin bertambah sampai sekarang kisaran 2000 santri baik putra maupun putri yang ada di pondok pesantren At Tahzib ini ," terangnya.

Gus Masruh mengatakan saya generasi penerus pertana di pondok pesantren At Tahzib ini dan para santri yang mondok di pesantren ini  dari seluruh Indonesia yang mondok di pesantren ini .

" Mulai dari  Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi,Pulau Bali ,Pulau Jawa,Papua hingga Mancanegara ada yang mondok di pesantren At Tahzib ini , " terangnya kepada media Kamis (30/03/2023).

Gus Masruh menambahkan untuk kegiatan di bulan suci ramadan Pondok pesantren At Tahzib ini mengadakan  kegiatan rutin yaitu ngaji kitab kuning karena Madrasah Diniyah libur jadi di isi ngaji kitab kuning oleh para asatit .

" Ngaji kitab kuning mulai pagi sampai jam 12 malam dan di isi mengaji saya  ( Pengasuh Pondok pesantren) mengaji sampai jam 11 malam mengaji kitab kuning dengan seraya berdoa memohon kepada Allah dan sholawat kepada Rasulullah karena bulan ramadan adalah bulan yang baik untuk beribadah kepada Allah SWT," pungkasnya.

Ditemui selesai mengaji  Mohamad Riski Alfaizal saat selesai mengikuti kajian kitab  kuning ,santri asal Bandung mengatakan, sudah 2 tahun mondok di pesantren At Tahzib ini .Untuk  dibulan Ramadan ini banyak ngajinya karena sekolahan libur .Untuk hari ini ngaji kitab kuning ,kitab ibadis Nasihin dengan tema akhlak dan adab sopan santun.

" Dari ngaji kitab kuning tersebut kita banyak di ajarkan mengenai sifat manusia yang munafik Dimana sifat manusia yang munafik itu ada 3 yaitu : jika berjanji dia selalu mengingkari,jika berbicara dia selalu berdusta dan jika dipercaya dia selalu berkhianat itu tanda orang munafik , " pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV