SUARA INDONESIA

19 Ribu Lebih Warga di Banyuwangi Terima Bansos KKS

Muhammad Nurul Yaqin - 08 February 2022 | 15:02 - Dibaca 1.75k kali
Ekbis 19 Ribu Lebih Warga di Banyuwangi Terima Bansos KKS
Ilustrasi penyaluran Bansos. (Foto: Suara.com jejaring suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Sebanyak 19.542 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Banyuwangi menerima dana bantuan sosial (Bansos) Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari pemerintah.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Banyuwangi, Henik Setyorini mengatakan, warga penerima kartu KKS mulai dibagikan sejak Januari 2022.

Para penerima manfaat Bansos KKS ini adalah warga yang terdata di DTKS dan yang belum terdata di PKH/ BPNT.

"Penyaluran KKS PPKM telah dimulai pada 28 Januari hingga 10 Februari 2022 mendatang. Penyaluran dilakukan secara berkala dan bergilir di masing-masing kecamatan," kata Henik, Selasa (8/2/2022).

Henik menyebut, bantuan yang diterima masing-masing KPM sebesar Rp 200 ribu per bulan. Bansos itu tidak hanya hanya diuangkan, namun sebagian dalam bentuk barang berupa sembako.

"Penyaluran bantuan KKS tersebut menggunakan anggaran yang belum tersalurkan pada tahun 2021. Sehingga direalisasi pada tahun ini," jelas Henik.

Dalam penyalurannya, Dinsos PPKB melibatkan sejumlah unsur agar mudah dalam pendistribusian. Mulai TKSK, PKH hingga unsur lainnya.

Pembagiannya juga dilakukan secara rapel. Ada yang dua, tiga, bahkan enam bulan sejak pertengahan tahun 2021 lalu.

Meski penyaluran bansos dirapel beberapa bulan, namun Henik tidak bisa memastikan apakah bantuan yang disalurkan pada bulan Januari-Februari 2022 ini dapat berlanjut.

"Karena kebijakan ada di pusat. Kami di daerah hanya menjalankan sesuai dengan regulasi dan juknis saja," tutup Henik. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV