SUARA INDONESIA

Sandiaga Uno Komitmen Bantu Kembangkan Wisata Gresik

Syaifuddin Anam - 31 March 2021 | 12:03
Ekonomi Sandiaga Uno Komitmen Bantu Kembangkan Wisata Gresik

GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik, mendapat angin segar dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pasalnya, Sandiaga berjanji akan membantu mengembangkan destinasi wisata di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pihaknya juga berencana datang ke Kota Pudak.

"Saya akan datang ke Gresik, kami komitmen mendukung pariwisata di Gresik. Namun syaratnya tolong disiapkan nasi krawu," kata Sandiaga, saat Bincang Tokoh secara virtual yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik bekerjasama dengan DPRD Gresik, Selasa (30/3/2021).

Sandiaga Uno menyebut, ada dua destinasi wisata religi di Gresik, yakni Makam Sunan Malik Ibrahim dan Makam Sunan Giri, hal ini membuktikan wilayah Gresik memiliki pasar pariwisata religi yang patut dikembangkan. 

"Ini bisa dikembangkan sebagai wisata religi dan wisata halal," katanya.

Sandi juga menyebut, beberapa potensi wisata Gresik lain, di antaranya Bukit Jamur, Bukit Gosari, dan Pantai Gili Niko di Bawean.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah yang berbicara langsung kepada Sandiaga menjelaskan, bahwa di Gresik juga ada wisata tanaman hias. Lokasinya di Gresik selatan.

Ini bentuk terobosan terbaru di tengah suhu Kabupaten Gresik yang terbilang sangat panas. "Kami berharap Kemenparekraf mendukung dan membantu mempromosikan ini," ujar Bu Min sapaan akrabnya.

Mendengar hal itu, Sandiaga menekankan perlunya pemerintah daerah untuk mendukung pariwisata yang dikelola dan dikembnagkan oleh tiap desa.

Menurut Sandiaga, saat ini ada peningkatan desa yang dikembangkan menjadi pariwisata, yakni di tahun 2020, tercatat ada 16 desa wisata dan di tahun 2021 ada peningkatan yakni 26 desa wisata. 

"Ini yang harus didukung terus oleh pemerintah daerah, yakni munculnya desa-desa wisata," kata Sandiaga.

Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir menambahkan, pengembangan wisata tidak lepas dari keterlibatan para pelaku UMKM. 

Di Gresik sendiri ada ratusan UMKM yang telah kita bantu. Mulai dari nominal Rp 5 juta sampai Rp 50 juta.

"APBD Gresik juga untuk pelaku UMKM. Mulai kelompok usaha kecil yang ada di desa-desa. Baik yang dilakukan oleh perempuan hingga para peternak telah kita bantu," ujar politisi PKB itu.

DPRD Gresik terus mendukung pelaku UMKM demi mempercepat pemulihan ekonomi pasca pendemi ini. 

"Mudah-mudahan pandemi segera berlalu. Dan ekonomi bisa bangkit kembali. Seluruh UMKM bisa terus diberdayakan," pungkasnya. (Adv)

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV