SUARA INDONESIA

Budidaya Tanaman Hias Monstera untuk Dekorasi Rumah

Nawang Wulan - 19 September 2024 | 06:09 - Dibaca 1.31k kali
Hiburan Budidaya Tanaman Hias Monstera untuk Dekorasi Rumah
Foto: Budidaya Tanaman Hias Monstera/(instagram/@tandt_pot_nursery)


SUARA INDONESIA - Monstera adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer untuk dekorasi rumah. Bentuk daun yang unik membuat tanaman ini digemari oleh banyak pecinta tanaman hias. Berikut ini adalah panduan budidaya Monstera dari awal hingga perawatan yang tepat agar tanaman tetap tumbuh sehat dan cantik.

Monstera membutuhkan media tanam yang subur dan memiliki drainase baik. Campuran tanah, kompos, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1 cocok untuk tanaman ini. Pastikan media tanam tidak terlalu padat agar akar Monstera bisa tumbuh dengan baik.

Monstera bisa diperbanyak melalui metode stek batang. Potong batang dengan satu atau dua daun, kemudian tanam di media yang sudah disiapkan. Simpan di tempat yang teduh dengan sinar matahari tidak langsung hingga tanaman mulai tumbuh akar.

Perawatan Monstera cukup mudah. Siram tanaman 2-3 kali seminggu tergantung kondisi cuaca. Monstera tidak menyukai tanah yang terlalu basah, jadi pastikan tanah tidak tergenang air. Pemupukan bisa dilakukan setiap satu bulan sekali dengan pupuk organik cair.

Daun Monstera yang sehat akan memiliki bentuk sobek yang khas. Untuk menjaga bentuk ini, pastikan Monstera mendapatkan cukup sinar matahari tidak langsung. Jika daun tampak menguning, kemungkinan tanaman terlalu banyak terkena sinar matahari langsung atau kekurangan nutrisi.

Hama yang sering menyerang Monstera adalah kutu daun dan laba-laba kecil. Semprotkan air sabun atau neem oil untuk mengatasi hama-hama ini. Monstera juga bisa terserang jamur jika terlalu lembab, jadi pastikan sirkulasi udara baik.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Nawang Wulan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV