SUARA INDONESIA

Di Desa Kroya, Pemberian Pertama Vaksin Janssen di Purworejo

Widiarto - 09 November 2021 | 15:11 - Dibaca 1.60k kali
Kesehatan Di Desa Kroya, Pemberian Pertama Vaksin Janssen di Purworejo
Warga Desa Kroyo Kecamatan Gebang mendapatkan vaksin janssen

PURWOREJO - Untuk pertama kalinya Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapatkan program vaksin Janssen (Johnson&Johnson) dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Vaksinasi itu Janssen dilaksanakan di Balai Desa Kroyo, Kecamatan Gebang, pada Selasa (09/11/2021).

Kepala Puskesmas Kecamatan Gebang dr Hananto Seno Wahono menjelaskan, vaksin Janssen berbeda dengan vaksin lainnya. Vaksin Janssen berasal dari Belanda dan termasuk menjadi deretan terakhir vaksin yang masuk di Indonesia. Vaksin Janssen menggunakan metode viral vector.

“Penerima vaksin Janssen cukup satu kali vaksin. Beda dengan vaksin lain, seperti Moderna, Astra Zeneca maupun Sinovac yang dilakukan dua kali vaksin,” jelas dr Hananto.

Dikatakan, Desa Kroyo mendapat vaksin keliling dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1200 dosis.

“Vaksin Janssen ini diperuntukkan bagi warga yang berusia 18 tahun ke atas,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bagian dari program Serbuan Vaksin Covid-19 yang bertujuan sebagai Layanan Vaksinasi Keliling Mewujudkan Masyarakat Sehat. Vaksinasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Balai Kesehatan Masyarakat Wilayah Magelang, bersama Dinas Kesehatan Kabupaten & Puskesmas.

Camat Gebang, Makin Mubazir mengatakan, kegiatan vaksinasi Janssen ini ditujukan untuk semua masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.

“Diharapkan semua masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Gebang untuk mengikuti program vaksinasi, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19,” harapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya