SUARA INDONESIA

Yuk Intip Kebutuhan Waktu Tidur Anak Sesuai Usianya

Lutfi Hidayat - 06 August 2022 | 09:08
Kesehatan Yuk Intip Kebutuhan Waktu Tidur Anak Sesuai Usianya

PROBOLINGGO - Kebutuhan waktu tidur anak berbeda-beda sesuai usia. Para orang tua tentu perlu memperhatikannya.

Selain durasi yang cukup, waktu tidur siang dan malam bagi anak juga harus seimbang. Sebab anak yang melewatkan waktu tidur siang misalnya, mereka akan sangat aktif di waktu malam hari.

Lalu bagaimana waktu tidur anak sesuai dengan usianya? berikut ulasannya seperti ditulis Suara.com (media jejaring Suaraindonesia.co.id):

Bayi usia 1 - 4 minggu

Tidur bayi baru lahir sekitar 15 - 18 jam dalam sehari, umumnya mereka tidur dalam periode singkat antara 3 - 4 jam per-periodenya. Bayi yang lahir prematur akan memiliki jam tidur lebih lama

Bayi belum memahami konsep waktu pada usia ini, sehingga ia akan tidur sesuka hati. Jadi orang tua tak perlu mengatur dan memaksakan pola tidur kepada bayi.

Bayi usia 1 - 4 bulan

Pada usia ini mereka mulai memahami konsep siang dan malam, bayi juga mulai memiliki pola tidur teratur sesuai dengan usianya.

Mereka akan tidur dengan periode lebih panjang yakni sekitar 4 - 6 jam.

Bayi usia 4 - 12 bulan

Kebutuhan tidur bayi pada fase ini adalah sekitar 15 jam dalam sehari, bahkan saat usianya menjelang 1 tahun ia mungkin akan memiliki jam tidur sekitar 11 jam saja per-harinya.

Ketika jam tidur siangnya berkurang, maka ia akan memiliki jam tidur malam yang lebih panjang. Ia juga terkadang memiliki jam tidur jeda antara pagi dan siang sekitar pukul 09:30.

Anak usia 1 - 3 tahun

Di usia ini anak butuh waktu tidur antara 12 - 14 jam dalam sehari. Saat usia anak menginjak 1 tahun ia akan mengurangi jam tidur siang, termasuk tidur kecil antara pagi mengjelang siang. 

Secara umum anak pada fase ini hanya memiliki satu tidur kecil dalam sehari.

Anak usia 3 - 6 tahun

Pada usia tersebut anak membutuhkan tidur sekitar 10 - 12 jam dalam sehari, sebagian anak usia 3 tahun ada yang masih mau melakukan tidur siang. 

Namun menginjak usia 5 tahun mereka biasanya mulai enggan tidur siang.

Anak usia 7 - 12 tahun

Memasuki fase ini dimulai dari usia 6 - 7 tahun, anak hanya butuh tidur selama 10 - 11 jam dalam sehari. Bagi anak usia 12 tahun mereka akan di malam hari mulai dari pukul 9 malam.

Anak di usia tersebut biasanya menolak untuk tidur siang, tapi bukan berarti mereka tak bisa tidur siang, anak pada fase ini memiliki preferensi berbeda-beda.

Anak usia 12 tahun ke atas

Pada usia ini anak mulai masuk fase remaja, mereka hanya butuh waktu tidur sekitar 8 - 10 jam sehari.

Namun para orang tua harus tetap memastikan anak mendapatkan jam tidur yang cukup, karena hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang di masa remaja.

Jika waktu tidur anak kurang dari seharusnya, maka bisa membuat mereka terbiasa dengan gaya hidup yang akan membuatnya mengalami sleep apnea (gangguan tidur).

Sumber: https://id.theasianparent.com/jam-tidur-bayi

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya