SUARA INDONESIA

RSUD dr Moh Anwar Sumenep Tekankan Pentingnya Vaksinasi dan Imunisasi Sejak Dini

Wildan Mukhlishah Sy - 31 January 2023 | 15:01 - Dibaca 1.48k kali
Kesehatan RSUD dr Moh Anwar Sumenep Tekankan Pentingnya Vaksinasi dan Imunisasi Sejak Dini
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Moh Anwar Sumenep. Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id

SUMENEP - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Moh Anwar Sumenep, menekankan pentingnya pemberian imunisasi sejak dini dan vaksinasi, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Humas RSUD dr H Moh Anwar Arman Endika Putra menjelaskan, vaksin bisa berupa virus yang dilemahkan, kemudian disuntikkan ke tubuh manusia, dengan tujuan agar dapat membentuk antibody. 

Sehingga, tubuh dari seseorang yang telah mendapatkan vaksin, biasanya akan lebih siap dan sigap jika terserang sebuah virus.

"Orang yang sudah mendapatkan vaksin, badannya dibuat untuk lebih sigap, jika ada virus demikian," jelasnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/1/2023) kemarin. 

Pihaknya meminta, agar masyarakat tidak perlu meragukan keamanan vaksin. Menurutnya, vaksinasi hanya akan dilakukan pada manusia, saat tubuhnya dalam kondisi prima. 

"Dilakukan cek dulu, tentu vaksin diberikan saat kondisi kita prima," ucapnya. 

Dirinya mengatakan, bahwa setiap wilayah tentu memiliki potensi virus yang berbeda, sehingga tidak ada batasan usia untuk melakukan vaksin. 

Kendati demikian, Arman menyebutkan di Indonesia sendiri, telah mewajibkan pemberian imunisasi saat anak masih bayi, seperti diantaranya DPT, Polio, BCG, campak dan beberapa jenis lainnya. 

Hal itu dilakukan, dengan harapan pembentukan antibody dapat terjadi sejak usia dini, karena momen tersebut merupakan golden age atau masa emas. 

Dirinya menilai, saat terinfeksi oleh sebuah virus, maka seseorang yang sudah divaksin atau diimunisasi, akan mengalami efek yang lebih ringan, jika dibandingkan dengan yang belum mendapatkannya. 

"Maka dari itu, vaksin dan imunisasi sejak dini itu penting untuk dilakukan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV