SUARA INDONESIA

Sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dan PLKK Wujudkan Pelayanan Prima

Redaksi - 18 July 2023 | 22:07 - Dibaca 1.66k kali
Kesehatan Sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dan PLKK Wujudkan Pelayanan Prima
Sinergitas BPJS Ketenagakerjaan Juanda bersama PLKK, Selasa (18/7/2023) (Foto : BPJS Ketenagakerjaan)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Juanda gelar kegiatan yang tujuannya untuk meningkatkan sinergitas bersama Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) atau fasilitas kesehatan (faskes) kerjasama di Surabaya, Selasa (18/07/2023).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Juanda Guguk Heru Triyoko mengatakan, kegiatan ini tujuan utamanya untuk optimalisasi layanan terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja. 

"Kami ingin meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan mitra PLKK kami. Di samping itu juga untuk monitoring dan evaluasi (monev) sejauh mana kerjasama ini berjalan, adakah kendala-kendala dan juga mungkin ada masukan-masukan untuk perbaikan," ujar Guguk.

"Harapan kami dengan menggelar kegiatan ini agar semua PLKK senantiasa memberikan layanan yang cepat, tepat dan terbaik pada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja," tandasnya.

Selain itu, lanjut Guguk, juga untuk memotivasi seluruh PLKK baik rumah sakit maupun klinik agar meningkatkan dan memanfaatkan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan semaksimal mungkin. 

Guguk mengungkapkan, dari 31 PLKK BPJS Ketenagakerjaan Juanda yang terdiri dari 6 rumah sakit, 21 klinik dan 4 Puskesmas, hanya 8 PLKK yang aktif memberikan pelayanan pada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja. 

Guguk dengan didampingi Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Juanda Dini Mulyani menegaskan, masih banyaknya PLKK yang tidak kebagian melayani peserta JKK, pertama karena peserta JKK banyak yang langsung ke Rumah Sakit PLKK, dan kedua karena belum dikenal sebagai PLKK. 

"Padahal kami ingin kerja sama ini saling menguntungkan bagi semuanya," tukas Guguk. Untuk itu, pihaknya selalu dan siap mensuport semuanya untuk dikenal sebagai PLKK, baik dengan membantu sosialisasi maupun dengan memberikan banner atau spanduk. 

Tidak hanya itu, untuk memotivasi seluruh PLKK, dalam kegiatan ini BPJS Ketenagakerjaan Juanda juga memberikan penghargaan kepada PLKK teraktif, pertama kepada Klinik Medical SIER, dan kedua kepada Rumah Sakit Royal Surabaya. 

Penghargaan juga diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Juanda kepada PLKK yang berpartisipasi dalam program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan. Pertama, Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Kedua, Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Dan ketiga, Rumah Sakit Royal Surabaya. 

Dini menyampaikan, dari Januari hingga Juni 2023 BPJS Ketenagakerjaan Juanda telah melakukan pembayaran 1.109 klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), di samping 333 klaim Jaminan Kematian (JKM), 6.642 klaim Jaminan Hari Tua (JHT), 5.668 Jaminan Pensiun (JP), dan 427 Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

"Total klaim yang telah kami bayarkan dari Januari hingga Juni 2023 sebanyak 14.179 kasus dengan nominal sejumlah Rp. 119.363.860.722,-," tandas Dini.

Ia pun menambahkan, kegiatan sinergitas bersama PLKK ini diikuti sekitar 50 peserta dari 27 rumah sakit dan klinik kerjasama. Sedangkan yang Puskesmas akan diundang khusus bersama puluhan Puskesmas se-Surabaya yang juga PLKK. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV