SUARA INDONESIA

DPRD Usulkan Pemanfaatan Air Bersih Fasum Villa Kalijudan Surabaya

Lukman Hadi - 09 February 2024 | 16:02 - Dibaca 1.43k kali
Kesehatan DPRD Usulkan Pemanfaatan Air Bersih Fasum Villa Kalijudan Surabaya
Pertemuan Anggota DPRD Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am bersama warga Villa Kalijudan. (Foto: Lukman/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Anggota DPRD Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am bertemu dengan puluhan warga Villa Kalijudan membahas fasum-fasos di Balai RW 7, Kamis (08/02/2024) malam.

Ghoni menjelaskan, perumahan Villa Kalijudan termasuk kategori perumahan yang bagus, kendati begitu masih perlu pembenahan lebih baik karena baru diserahkan oleh pengembang.

"Perumahan Villa Kalijudan perumahan yang notabenenya itu di atas rata-rata tapi juga butuh dikembangkan lebih baik lagi," kata Ghoni.

Menurutnya, setelah fasum-fasos itu diserahkan kepada pemerintah kota atau pemkot Surabaya, drainase dan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) bisa dibangun di perumahan itu.

Ia mengaku, jika PJUTS itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang diusulkan melalui DPR RI, Bambang DH.

"Banyak fasum-fasosnya yang kurang optimal di perumahan ini, di antaranya penerangan dan drainase. Tapi setelah diserahkan ke pemerintah kota Alhamdulillah masuk drainase juga PJUTS dari pemerintah pusat yang diusulkan melalui DPR RI, Pak Bambang DH," jelasnya anggota Komisi C itu.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan menjembatani pembangunan  boxculvert di perumahan Villa Kalijudan yang kerap banjir atau terjadi genangan saat musim hujan.

Begitu pula terkait pendirian bozem di wilayah setempat. Sebab, kata Ghoni, fasum yang luas bisa dikelola seperti itu, untuk diproduksi menjadi air bersih.

"Jadi air (hujan) tersebut digunakan bukan hanya untuk air bersih, tapi kalau memang bisa dengan teknologi yang baru bisa dibikin air minum, ini kan manfaat yang sangat luar biasa tinggal dikelola  dengan baik air tersebut sesuai dengan Perda yang baru PDAM bisa masuk untuk mengelola."pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV