SUARA INDONESIA

Ustaz Adi Hidayat: Sayyidul Ayyam, Jum'at Penghulu Antara Sekian Banyak Hari

Redaksi - 31 March 2022 | 19:03 - Dibaca 1.25k kali
Khazanah Ustaz Adi Hidayat: Sayyidul Ayyam, Jum'at Penghulu Antara Sekian Banyak Hari
Ustaz Adi Hidayat (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Adi Hidayat Official)
JEMBER- Jum'at merupakan hari yang istimewa, bahkan ia disebut dengan Sayyidul Ayyam yakni penghulu dari banyaknya hari dalam seminggu. 

Menurut Ustaz Adi Hidayat, menyebutkan bahwa pada hari Jum'alah Nabi Adam As diciptakan, ditempatkan di surga, serta diturunkan ke bumi, untuk menjalankan misinya sebagai khalifah dan bentuk dari ibadah kepada-Nya. 

Selain itu, Jum'at juga merupakan hari yang penuh dengan berkah dan keiistimewaan. Allah SWT bahkan menjadikannya nama salah satu surah dalam Al-Qur'an.

"Bahkan Allah spesifik memberikan kesan keutamaannya dengan menurunkan Al-Qur'an, surah ke- 62 dengan namanya, 'Al-Jumuah' dan memanggil setiap insan beriman untuk mengoptimalkan ibadah di hari Jum'at," paparnya dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Ustaz Adi menambahkan, ada cara-cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menyempurnakan ibadah di hari Jum'at, yakni sebagai berikut:

1. Membaca Al-Qur'an

Menghidupkan hari Jum'at bisa dilakukan dengan membaca Al-Qur'an, terutama surah Al-Kahfi, surah Yasin dan surah As-Shafaat.

"Seluruh ayat Al-Qur'an mulia, tapi ada beberapa surah yang kiranya bisa dioptimalkan dengan hikmah tertentu khusus hari Jum'at siang atau malamnya, surah ke- 18 Al-Kahfi, Yasin dan As-Shafaat. Dan tidak lupa memperbanyak do'a sesudah membacanya," lanjutnya.

2. Membaca Shalawat atas Nabi

Selain membaca Al-Qur'an, memperbanyak bacaan salawat juga merupakan keutamaan di hari Jum'at. Ustad Adi mengungkapkan, membaca salawat tidak hanya memberikan sepuluh kemulian bagi yang membacanya, tetapi juga dapat mendekatkan diri pada Allah dan Rasul-Nya.

"Kedekatan kepada Allah dan Rasul-Nya ini yang akan memberikan jaminan kebahagiaan abadi, baik di dunia dan akhirat," tambahnya.

3. Membersihkan Diri Serta Memakai Wewangian

Di hari Jum'at disunahkan untuk membersihkan diri dengan mandi, memotong kuku, menggunakan pakaian, serta memakai wewangian. Sementara saat salat Jum'at, hendaklah datang lebih awal, mengisi saf yang kosong, mendengarkan khutbah dengan baik.

4. Waktu yang Mustajab untuk Berdo'a

Dijelaskan dalam sebuah hadis, ada satu waktu di hari Jum'at yang mustajab jika digunakan untuk berdo'a.

"Siapa yang mampu memanfaatkan waktu yang singkat itu untuk berdo'a bertepatan dengan itu, sesuai adabnya, maka terjawablah do'a yang dimohonkan," ungkap Ustaz Adi.

Para ulama berbeda pendapat untuk waktunya, ada yang mengatakan diantara dua khutbah serta setalah salat Asar menjelang Magribh.

"Maka manfaatkan malamnya, subuhnya, siangnya, sorenya menjelang ke Magribnya, minta kepada Allah, boleh jadi diantara sekian waktu itu, itulah yang bersamaan dengan waktu yang dijanjikan Allah," ujarnya.

5. Memperbanyak Sedekah

Sudah lazim diketahui bahwa dihari Jum'at disunahkan untuk bersedekah baik dengan harta benda, atau hal lain yang bermanfaat.

"Sedekah dengan harya benda, dengan uang misalnya, atau bisa juga dengan makanan, pakaian atau apapun yang kiranya baik untuk bisa dibagi sebagai gambaran ketaatan kepafa Allah SWT," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV