SUARA INDONESIA

Begini Cara Menasehati Istri Saat Berbuat Kesalahan Maupun Bersikap Durhaka

Tim - 30 May 2022 | 18:05
Khazanah Begini Cara Menasehati Istri Saat Berbuat Kesalahan Maupun Bersikap Durhaka
JEMBER- Pernikahan ialah perkara ibadah yang bisa menghalalkan hubungan perempuan dan laki-laki dengan syarat serta rukun-rukun yang telah dijelaskan dalam syariah Islam.

Adanya pernikahan membuat perempuan dan laki-laki lajang berganti status menjadi suami istri yang memiliki hak juga kewajiban masing-masing sesuai dengan apa yang disampaikan dalam firman Allah SWT dan hadis Rasulullah SAW.

Seorang suami akan menjadi kepala keluarga yang memimpin anggota keluarganya agar kelak menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan oleh kepala keluarga saja, akan tetapi perlu kerja sama antara suami juga istri yang saling mendukung satu sama lain.

Namun, dalam sebuah pernikahan tentu tak pernah luput dari permasalahan yang terkadang menyebabkan adanya pertengkaran antara suami dan istri. 

Keadaan tersebut tak jarang membuat suami ataupun istri melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum, baik secara agama maupun negara.

Dikutip dari buku Fiqih Islamiyah karya Sulaiaman Rasjid terdapat beberapa perkara yang hendaknya dihindari oleh seorang istri agar ia terhindar dari sikap mendurhakai suaminya. 

Salah satu contohnya ialah saat seorang istri menentang suaminya tanpa ada uzur syari' yang menjadi penyebabnya, hal tersebut dipandang sebagai sikap durhaka kepada suami.

Lalu, jika soerang suami memlihat ada gelagat istrinya akan melakukan hal-hal yang akan mendekatkan dia pada kedurhakaan. Maka suami tersebut wajib untuk menegur dan menasihatinya secara baik-baik.

Kemudian jika nasihat tersebut tidak mempan, hendaklah suami berpisah tempat tidur dari istrinya. Dan apabila hal itu tidak bisa menghentikan sikap istrinya, maka ia diperbolehkan untuk memukulnya, tatapi tidak sampai melukainya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surah An-Nisa.

"Wanita-wanita yang kamu khawatiri nusyuz-nya, maka nasihatilah mereka dan pisahkan diri dari tempat tidur mereka dan pukulah mereka," QS An-Nisa 34. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya