SUARA INDONESIA

Istighfar Nabi Yunus, Do'a Agar Terlepas Dari Kesulitan, Lafaz Beserta Artinya

Tim - 13 June 2022 | 19:06
Khazanah Istighfar Nabi Yunus, Do'a Agar Terlepas Dari Kesulitan, Lafaz Beserta Artinya
JEMBER- Berdo'a kepada Allah SWT merupakan hak setiap manusia baik dalam keadaan senang maupun saat terpuruk atas segala permasalahan.

Berdo'a juga salah satu cara umat Islam untuk memohon ampunan kepada-Nya atas segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.

Seperti yang pernah dilakukan oleh Nabi Yunus AS ketika ia berada di dalam perut ikan besar, setelah ia meninggalkan kaumnya karena mereka enggan beriman kepada Allah SWT, dalam keadaan marah.

Diceritakan bahwa saat itu Nabi Yunus pergi berlayar bersama kaumnya. Ditengah pelayaran ia harus rela dilemparkan ke dalam lautan setelah mendapatk undian untuk mengurangi muatan kapal agar tidak tenggelam.

Saat dilemparkan itulah ia rupanya diselamatkan oleh Allah dengan cara dimakan ikan yang sangat besar, sehingga tubuhnya tidak hancur dan tetap utuh.

Di kegelapan yang menyelimuti perut ikan dan dalamnya lautan tersebutlah ia memohon ampun dengan beristighfar kepada-Nya.

Bacaan tersebut hingga saat ini dikenal dengan Istighfar Nabi Yunus. Dan ia terabadikan dalam Al-Qur'an surah Al-Anbiya ayat 87.

Istighfar tersebut juga dapat dibaca sebagai do'a agar terlepas dari kesulitan. Sebagaimana Allah menyelamatkan Nabi Yunus yang sedang kesulitan dalam perut ikan. Berikut lafaz beserta artinya.

لا اله إلا أنت سبحنك إنى كنت من الظالمين 

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minzh-zhaalimiin

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang zalim. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya