SUARA INDONESIA

Mitigasi Bencana Alam, GenBI Jember Lakukan Penghijauan di Gunung Pasang

- 12 December 2020 | 18:12 - Dibaca 2.17k kali
Komunitas Mitigasi Bencana Alam, GenBI Jember Lakukan Penghijauan di Gunung Pasang
Foto: Para anggota saat melakukan penanaman benih pohon di daerah Gunung Pasang.

JEMBER- Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kabupaten Jember melakukam kegiatan penghijauan di daerah Gunung Pasang, Desa Suci, Kecamatan Panti. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, Sabtu (12/12/2020).

Proses penanaman penghijauan berada pada tiga titik yakni pada sekitar wisata Boma, bantaran sungai, dan tanah curam yang ada di daerah Gunung Pasang.

Seorang anggota Desa Tangguh Bencana (Desatana) Desa Suci Usaman Pamungkas mengatakan pada musim penghujan bencana banjir dan longsor sangat sering terjadi, terlebih pada daerah dataran tinggi dengan vegetasi yang rendah. Sehingga menurutnya penting untuk diadakan penghijauan.

"Saat hujan, bencana banjir dan tanah longsor ini sering sekali terjadi. Khususnya di daratan tinggi yang mana juga vegetasinya rendah. Untuk itu kami rasa pentinh sekali penghijauan ini, jelas menahan air hujan yang turun," katanya.

Team Leader program kerja Social Act Khabib Qhoiril Akbar mengatakan bahwa gerakan aksi ini juga bertujuan memperingati Hari Tanam Pohon Nasional. 

"Ini juga untuk memperingati Hari Tanam Pohon Nasional," ucapnya.

Dirinya menambahkan sebanyak 2.500 bibit pohon ditanam di Gunung Pasang.

"Ada sekitar 2.500 bibit pohon yang kami tanam di daerah sini," imbuhnya.

Adapun, bibit pohon itu terdiri dari bibit durian, asem, petai, balsa, mahoni dan Kamelina yang merupakan produksi dari Pesemaian Permanen Karangpring Jember yang diajukan oleh GenBI Jember. (Wildan)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV