SUARA INDONESIA

Dishub Gandeng PT. KAI Gelar Normalisasi Perlintasan Liar Untuk Tingkatkan Keamanan

Ambang Hari Laksono - 15 December 2021 | 15:12 - Dibaca 1.91k kali
Komunitas Dishub Gandeng PT. KAI Gelar Normalisasi Perlintasan Liar Untuk Tingkatkan Keamanan
(Sumber Foto : KRD 9 Jember)

JEMBER — Dinas Perhubungan Jember melaksanakan kegiatan normalisasi perlintasan liar tak berpalang pintu (Liar), Rabu (15/12/2021).

Kegiatan normalisasi tersebut berupa pemasangan Spoor Ballase, Patok Penghalang serta pemasangan Pembatas Ketinggian (Portal) di Perlintasan Tak Terjaga, Gg. Masjid As-Siddiqi, Baratan, Patrang Jember.

Kepala Seksi Keselamatan Dishub Jember, Heri Prasetya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan keselamatan umum terutama di perlintasan liar yang terletak di Jalur Kereta Api Jember - Banyuwangi itu.

“Berkaitan dengan tindak lanjut normalisasi pintu perlintasan liar sebidang ini, yang mana tujuannya adalah untuk keselamatan umum. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil survey perlintasan-perlintasan liar di Jember yang kita lakukan beberapa waktu lalu,” paparnya.



Dirinya menyampaikan jika Dishub Jember juga turut menggandeng pihak-pihak dari PT. KAI Daop 9 Jember, Kelurahan Baratan, Polsek Patrang, Polres Jember, DJKA hingga Komunitas Railfans Daop 9 dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 9 pagi itu.

“Jadi untuk keamanan bersama, kita juga berkoordinasi dengan Pihak PT.KAI Daop 9 Jember dan beberapa unit terkait lainnya. Hal tersebut juga bermaksud untuk memetakan mana saja lokasi perlintasan liar yang ada di Kabupaten Jember,” bebernya.

Lebih lanjut, Heri menuturkan bahwa kedepannya masih terdapat titik-titik perlintasan liar lain yang menjadi target untuk sosialisasi sekaligus normalisasi.

“Rencana kedepan, ada tiik titik lain yang akan dilaksanakan sosialisasi. Kedepannya, progres dari kegiatan ini yaitu dengan memberikan Petugas Jaga Lintasan (PJL) sekaligus dengan pos jaga nya pada perlintasan-perlintasan liar itu,” tutupnya.

Sementara itu, Pelakhar Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Tohari, menjelaskan jika kegiatan Keselamatan di Perlintasan Sebidang tersebut dilaksanakan di 2 titik.

“Kegiatan keselamatan ini dilaksanakan di 2 titik, yaitu di KM 195 antara Stasiun Jember - Stasiun Mangli, dan berikutnya di Antara Stasiun Jember - Stasiun Arjasa atau KM 201 ini,” sambungnya.

Dirinya melanjutkan bahwa kegiatan ini juga berkaitan dengan persiapan Natal & Tahun Baru. “Karena momen nya pas, pada saat Natal & Tahun Baru nanti juga kita lakukan peningkatan-peningkatan keselamatan baik itu diperlintasan sebidang maupun Sarana Prasarana dari PT. KAI,” jabarnya.

“Untuk peningkatan keselamatan di perlintasan tak terjaga, kami akan menenempatkan Petugas Jaga Lintasan Extra pada saat pelaksanaan Posko Natal & Tahun Baru Nanti,” pungkasnya. (*ambang)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV