SUARA INDONESIA

FKKT Pejaten Bondowoso Lakukan Penghijauan, Puluhan Bibit Buah Buahan Diberikan Gratis ke Masyarakat

Bahrullah - 04 October 2022 | 20:10 - Dibaca 3.12k kali
Komunitas FKKT Pejaten Bondowoso Lakukan Penghijauan, Puluhan Bibit Buah Buahan Diberikan Gratis ke Masyarakat
FKKT Pejaten saat menunjukkan bibit buah-buahan yang didistribusikan pada masyarakat untuk penghijauan (Foto: Bahrullah/Suaraindonesia)

BONDOWOSO - Forum Komunikasi Karang Taruna ( FKKT ) Tunas Muda, Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso, melakukan penghijauan.

Penghijauan dilakukan FKKT di lingkungan sekitar Desa Pejaten.

Puluhan bibit buah-buahan diberikan secara gratis ke masyarakat.

Bibit buah-buahan yang didistribusikan untuk ditanam di sekitar, berupa bibit pohon Alpukat, Durian, Kacang Amazon dan Sirsak.

Penamaan bibit pohon buah-buahan itu merupakan salah satu program kerja FKKT Desa Pejaten, yang berorientasi ekonomi produktif.

Hal itu sebagaimana Ridlwan Hidayatullah Ketua FKKT Tunas Muda Pejaten, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut, Ridlwan menjelaskan, kegiatan itu bertujuan menghijau dan melestarikan alam sekitar masyarakat. Khususnya masyarakat Desa Pejaten yang memiliki lahan kosong dan kurang produktif.

" Kegiatan ini sekaligus memberdayakan para kader-kader agar ikut serta mengawal dan ikut terlibat melakukan pembangunan di desa," ujarnya.

Dia berharap, pasca FKKT menanam pohon tersebut juga ikut merawat dan menjaganya.

" Kami Para Pemuda Desa Dibawah Naungan Karang Taruna Bersepakat, Selain Ingin Melakukan Penghijauan Pada Lingkungan, Juga Mau Berupaya Tipe Usaha Baru Berjangka Panjang, Semacam Menanam Tumbuhan Buah- Buahan ini," ujarnya.

Di lain pihak, Irwan Juga menyampaikan, bahwa bibit yang ditanam dikala ini, baru dapat dipanen 8 bulan, bahkan sampai 1 tahun mendatang.

Makanya, lanjut Irwan, program ini merupakan program ekonomi produktif berjangka panjang, sebab kader dilatih tambah dan telaten mengurus tumbuhan ini.

" Kegiatan penghijauan dengan menanam bibit buah-buahan ini, dilaksanakan di beberapa lahan milik warga desa dan anggota FKKT. Luasnya Mencapai Lebih 200 meter. di sekitar RT 12, RT 13, RW 03, RT 16, RW 04 Desa Pejaten, Kecamatan Bondowoso," imbuhnya.

Tidak Hanya sampai di sini, FKKT Desa Pejaten juga akan melakukan pelatihan pencangkokan tumbuh-tumbuhan, untuk anggota pada bulan Februari mendatang.

" Pelatihan dimaksudkan, supaya mereka dapat berupaya melaksanakan budidaya tumbuh tumbuhan di dekat Rumahnya masing-masing," tutupnya.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV