SUARA INDONESIA

Sejumlah Ibu di Sidoarjo Sulap Limbah Gedebog Pisang Jadi Keripik Gurih, Enak, dan Lezat

Sugiyanto - 21 January 2023 | 13:01 - Dibaca 1.97k kali
Kuliner Sejumlah Ibu di Sidoarjo Sulap Limbah Gedebog Pisang Jadi Keripik Gurih, Enak, dan Lezat
Warga Tlasih Tulangan Tunjukkan Keripik Gedebog
SIDOARJO - Sejumlah ibu di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyulap limbah gedebog pisang menjadi keripik yang gurih, enak dan lezat. Dari hasil produksi keripik tersebut, mampu meraup cuan hingga jutaan rupiah.

Suarti Suryaningsih, warga Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Sidoarjo, sekaligus pembuat keripik gedebog pisang mengaku, awalnya hanya mencoba-coba, karena melihat banyak sampah pohon pisang yang tak terpakai di depan rumahnya.

"Semula hanya coba-coba dulu, setelah jadi dan mendapatkan respon baik dari warga sekitar, akhirnya saya mengajak sejumlah ibu di sekitar rumah untuk membuat kripik ini," kata Suarti, Sabtu (21-1-2023).

Keripik gedebog pisang buatan Suarti dan sejumlah ibu yang tergabung dalam Asman Jahe ini, diburu para penikmatnya. Selain sehat, harga per bungkusnya dibanderol seharga Rp. 5 ribu.

Tak heran, sebulan mampu memproduksi 200 bungkus bahkan lebih. Untuk pemasaran, selain dijual ke lingkungan warga setempat, juga dijual ke lingkungan Dinas kabupaten Sidoarjo, UMKM hingga pondok pesantren.

"Untuk rasa bervariasi, ada original, rasa jagung manis, balado, ekstra pedas, pedas manis dan lain sebagainya. Sementara yang paling diminati pembeli adalah jagung manis dan original," jelas Suarti.

Sejak tiga bulan terakhir memproduksi keripik gedebog, Suarti tak mau jika usaha yang digeluti bersama tetangganya itu tak membuahkan hasil. Bahkan ia sudah mengajukan perijinan PIRT dan berencana menghakpatenkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Fenny Apridawati mengapresiasi usaha yang dilakukan sejumlah ibu di Desa Tlasih Tulangan. Ia mengaku, proses yang dilakukan sudah memenuhi dan layak sehat.

"Setelah saya melihat sendiri proses dari awal pemilihan bahan, itu sudah benar. Yang bisa dipakai hanya gedebok pisang Kepok. Kemudian diambil yang muda. Setelah pemilihan dicicipi dulu untuk menentukan pahit tidaknya. Kalau tidak pahit dan lebih muda itu yang kemudian dimasak. Insya Allah semua prosesnya higienis dan layak untuk dijual," kata Fenny.

Asuhan mandiri (Asman) Jahe sendiri merupakan binaan Dinas Kesehatan Sidoarjo. Dengan adanya produksi keripik gedebog pisang itu, dinilai mampu menumbuhkan lapangan pekerjaan baru, sesuai dengan program bupati Sidoarjo yakni mendukung 100 ribu lapangan pekerjaan baru.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV