SUARA INDONESIA

Keluarga Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Anak di Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 19 August 2023 | 13:08 - Dibaca 748 kali
News Keluarga Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Anak di Sumenep
Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep Nia Kurnia Fauzi. Foto: Pemkab Sumenep.

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Keluarga menjadi tempat pertama bagi seorang anak mengalami pertumbuhan dan belajar banyak hal, melalui kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan oleh orang tuanya. 

Maka tak heran, jika Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumenep, Nia Kurnia Fauzi menyebut, keluarga memiliki peran yang sangat penting, dalam mencegah terjadinya kekerasan anak di wilayah Sumenep. 

Dia menekankan, Sumenep harus terbebas dari kasus kekerasan anak, baik dalam pendidikan yakni dari guru, atau dalam rumah tangga yang dilakukan oleh orang tua. 

"Kita tekankan tidak ada kekerasan didalam pendidikan anak baik guru, orang tua kita stop kekerasan baik di sekolah atau di rumah," katanya, Sabtu (19/08/2023). 

Untuk itu, dirinya menjelaskan bahwa pola asuh dan pola pendidikan yang diberikan kepada anak harus selalu dipenuhi dengan rasa cinta dan kasih. Sehingga, hal positif yang menjadi keinginan orang tuanya, bisa tersampaikan dengan baik. 

Lebih lanjut, kata dia ketika orang tua ingin anaknya menjadi orang yang berkualitas, maka pola-pola pendidikan yang tepat harus lebih dulu dimulai dari rumah. Salah satunya, dengan menciptakan rasa nyaman dan aman, serta hubungan yang harmonis. 

"jika ingin anak yang berkualitas dimulai dari rumah bagaimana ketika orang tua mendidik anak itu penuh kasih dan cinta sehingga menjadi anak yang pribadi penuh kasih juga," ujarnya.

Dia menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, telah berkomitmen untuk terus mengantisipasi dan menekan kasus kekerasan anak, baik di lingkungan keluarga atau pendidikan, melalui pemahaman, serta berbagai sosialisasi. 

"Saya juga dari organisasi maupun bunda paud terus mensosialisasikan mengedukasi orang tua baik secara biologis atau ideologis agar kita merangkul para anak-anak kita semua supaya menjadi anak-anak yang punya etika, sopan," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV