SUARA INDONESIA

Gelar Diklat Kolektif, Sumenep Optimis Raih Peringkat 10 Besar MTQ Jatim 2023

Wildan Mukhlishah Sy - 23 August 2023 | 08:08 - Dibaca 2.05k kali
News Gelar Diklat Kolektif, Sumenep Optimis Raih Peringkat 10 Besar MTQ Jatim 2023
Simbolis pengalungan tanda peserta oleh Wakil Bupati Sumenep, kepada perwakilan peserta MTQ. (Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id)

SUMENEP, suaraindonesia.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep optimis, delegasinya mampu meraih peringkat 10 besar, dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2023, yang akan digelar di Kota Pasuruan mendatang. 

Diketahui pada MTQ sebelumnya, Kafilah Sumenep berada pada peringkat 14 dari sekitar 38 kabupaten/kota se Jawa Timur. 

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Kamiluddin menyatakan, optimisme itu bukan sekedar sesumbar belaka. 

Pasalnya, Pemkab Sumenep tengah melakukan persiapan yang lebih maksimal, jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu. Terutama, dalam hal pembinaan peserta. 

Dia menjelaskan, mengenai persiapan itu diantaranya adalah proses seleksi yang dilakukan dua tahap dan lebih ketat, dengan menghadirkan utusan terbaik dari masing-masing daerah se Kabupaten Sumenep, baik daratan atau kepulauan. 

Selanjutnya, Pemkab Sumenep melaksanakan pembinaan kolektif yang digelar di salah satu hotel Sumenep. Yang mana, pembina baik dari Dewan Hakim MTQ Jatim dan Sumenep, bersama seluruh peserta melakukan diklat selama empat hari. Untuk mengasah kemampuan, yang dimiliki oleh peserta. 

Selain itu, pihaknya juga secara intens melaksanakan pembinaan titipan di kediaman para pembina, yang dilakukan dua tahap dan dibagi per cabang lomba, dalam kurun waktu masing-masing sekitar 3 hari. 

"Ya optimis (meraih 10 besar_Red), karena kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, InsyaAllah persiapan kami saat ini lebih matang dan maksimal," ungkap Kamiluddin kepada suaraindonesia.co.id, Rabu (23/08/2023). 

Kamiluddin juga menekankan kepada para peserta, agar MTQ tidak hanya dijadikan ajang menunjukkan bakat. Akan tetapi, orientasinya juga sebagai sarana untuk membumikan al quran dan menyebar luaskan agama Islam. 

"Target harus ada, tapi yang paling utama adalah ini sebagai sarana membumikan alquran dan penyebaran syiar islam," tutupnya. 

Diinformasikan, untuk Kafilah Kabupaten Sumenep menerjunkan sebanyak 48 peserta dan 1 orang peserta cadangan di seluruh cabang lomba, dalam MTQ Jatim 2023. Mereka merupakan peserta yang lolos pada seleksi MTQ Kabupaten Sumenep tahap ke-2. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV