SUARA INDONESIA

Kehadiran Karang Taruna di Ngawi Dinilai Mampu Bangkitkan Potensi Daerah

Ari Hermawan - 25 September 2023 | 10:09 - Dibaca 1.40k kali
News Kehadiran Karang Taruna di Ngawi Dinilai Mampu Bangkitkan Potensi Daerah
Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko saat mengisi acara Jambore Karang Taruna 2023 di Kabupaten Ngawi. (Foto: Ari Hermawan/Suara Indonesia)

NGAWI , Suaraindonesia.co.id - Kehadiran organisasi Karang Taruna di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dinilai mampu membangkitkan potensi daerah.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, saat menghadiri Jambore Karang Taruna Ngawi 2023 di Sidorejo, Kendal, Kabupaten Ngawi.

"Kegiatan Karang Taruna dalam upaya membangkitkan potensi daerah, mulai dari budaya, pariwisata dan kuliner atau makanan khas desa, patut didukung," kata Dwi Rianto Jatmiko.

Sementara itu, ketua kegiatan Jambore Karang Taruna 2023 Zainul Tohar mengungkapkan, kegiatan Karang Taruna merupakan wadah pengembangan anak muda.

Menurutnya, selain mengembangkan potensi lokal yang kerap dilakukan di desa, pihaknya juga mengadakan beberapa pelatihan guna menggali bakat anak muda.

"Jambore Karang Taruna 2023 berorientasi kepada pengembangan bakat, maka terdapat pelatihan-pelatihan, mulai dari bidang pertanian, peternakan, perikanan, digital marketing, hingga tanggap bencana," ujar Zainul Tohar, Senin (25/09/2023).

Tohar mengungkapkan, berbagai kegiatan Karang Taruna di Ngawi diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja serta membangkitkan ekonomi lokal.

"Sebelumnya Karang Taruna melakukan aksi memperkenalkan kearifan lokal desa, seperti Festival Sayur Lodeh dan Pecel di Ngrambe dan Festival Jagung di Karanganyar. Ini wujud hadirnya Karang Taruna untuk membangkitkan perekonomian," ungkapnya.

Zainul Tohar menerangkan, berbagai upaya inovasi pemberdayaan masyarakat terus dilakukan oleh Karang Taruna. Jambore yang diikuti 330 peserta itu merupakan perwakilan 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV