SUARA INDONESIA

Polisi Pastikan Ibadah Natal di Demak Berjalan Aman

Gunawan - 24 December 2023 | 22:12 - Dibaca 808 kali
News Polisi Pastikan Ibadah Natal di Demak Berjalan Aman
Forkopimda Demak saat monitoring tempat ibadah dalam perayaan Natal 2023, Minggu 24 Desember 2023. (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, DEMAK - Pastikan situasi aman, Kapolres Demak bersama Forkopimda melakukan monitoring perayaan Natal 2023 ke gereja-gereja yang ada di kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut sekaligus patroli skala besar bersama TNI, Polri dan Satpol PP untuk memberi rasa nyaman kepada umat Kristiani yang melakukan ibadah malam Natal.

Sebelumnya, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya meminta jajarannya memaksimalkan pengamanan dan melakukan sterilisasi tempat ibadah perayaan Natal 2023.

"Ancaman terorisme, juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya," kata Purbaya saat monitoring pelaksanaan perayaan natal di GKJ Demak, Minggu (24/12/2023) malam.

"Hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan Operasi Lilin Candi 2023," imbuhnya.

Dikatakannya, Polres Demak bersama stakeholder terkait sudah mempersiapkan pengamanan perayaan Natal dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Alun-alun Simpang Enam Demak sore tadi.

Total ada 400 personel gabungan yang disiagakan untuk mengamankan 30 gereja dan 14 rumah ibadah di Kabupaten Demak yang akan digunakan untuk tempat beribadah nantinya.

"Jumlah gereja dan rumah ibadah di wilayah Demak yang kita beri pengamanan sebanyak 44 yang tersebar di 9 kecamatan," ungkap Purbaya.

Dia menambahkan, masyarakat Demak bermartabat sangat menjunjung tinggi toleransi beragama. Kendati demikian, petugas gabungan selalu mengantisipasi segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu kondusifitas saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dalam kesempatan itu Forkopimda juga memberikan dukungan moril dan materiil kepada petugas jaga agar lebih semangat dalam melaksanakan tugas.

"Bersama-sama patroli, sengkuyung bareng. Keberagaman cermin toleransi guyub rukun. Semoga dengan sinergitas ini, situasi Kabupaten Demak kondusif,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV