SUARA INDONESIA

Kawanan Besar Lumba-Lumba Muncul di Perairan Pancer Banyuwangi, BKSDA Sebut Pertama Kali Terjadi

Muhammad Nurul Yaqin - 22 February 2024 | 14:02 - Dibaca 966 kali
News Kawanan Besar Lumba-Lumba Muncul di Perairan Pancer Banyuwangi, BKSDA Sebut Pertama Kali Terjadi
Kawanan besar lumba-lumba muncul di Perairan Pancer, Banyuwangi. (Foto: Tangkapan layar).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sebut kemunculan kawanan besar lumba-lumba di Perairan Pancer, Banyuwangi, Jawa Timur, baru pertama kali ini terjadi.

Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Dwi Putro Sugiarto mengatakan, biasanya lumba-lumba yang kerap muncul di perairan tersebut jumlahnya hanya sedikit.

“Sepengetahuan kami, pertama kali ini sebanyak itu, jumlahnya sampai ratusan. Biasanya hanya beberapa ekor saja,” ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (22/2/2024).

Dwi berucap, wilayah perairan selatan Banyuwangi memang menjadi jalur migrasi lumba-lumba. Mamalia tersebut biasanya berkelompok.

Lumba-lumba ini bergerak dari perairan timur seperti Bali, terus menuju ke perairan barat seperti Banyuwangi, terus ke perairan Jember dan Samudera Hindia.

"Jadi, selama ini jalur perairan selatan Banyuwangi jadi transit yang memang intens dilewati kawanan lumba-lumba," katanya.

Dwi menyampaikan, ini terjadi sepanjang tahun. Lumba-lumba ini akan terus kembali dan melewati jalur tersebut jika merasa aman dari gangguan.

"Jadi, kalau perilaku lumba-lumba ini selalu bergerak sepanjang tahun dan dia tak akan diam di satu tempat," bebernya.

Dwi menambahkan, kemunculan kawanan lumba-lumba memang menjadi fenomena yang unik dan menakjubkan karena jarang sekali dijumpai.

Lumba-lumba juga merupakan mamalia laut yang dilindungi. BKSDA meminta semua pihak untuk turut serta menjaga keberadaan hewan tersebut.

“Jika ada lumba-lumba yang tidak sengaja ketangkap jaring mohon dilepas liarkan kembali. Agar habitatnya dapat terlestarikan,” imbaunya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan lumba-lumba tertangkap kamera di Perairan Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kawanan mamalia ini tampak menari-nari naik turun di perairan Pantai Mustika Pancer dalam jumlah yang sangat besar.

Kemunculan kawanan lumba-lumba itu diambil pada Minggu, 18 Februari 2024 dan diabadikan oleh pemancing yang saat itu berburu ikan di perairan setempat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV