SUARA INDONESIA

Mudik Lebaran Gratis, Dishub Jombang Antar 145 Pemudik ke Empat Kota

Gono Dwi Santoso - 14 April 2024 | 13:04 - Dibaca 740 kali
News Mudik Lebaran Gratis, Dishub Jombang Antar 145 Pemudik ke Empat Kota
Pj Bupati Jombang Sugiat didampingi Kepala Dishub Budi Winarno, saat akan melepas keberangkatan bus mudik Lebaran gratis di Terminal Kepuhsari Jombang, Minggu (14/04/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, membantu 145 pemudik yang kesulitan mendapatkan tiket transportasi selama arus balik Lebaran dengan program mudik gratis 2024.

Program ini diinisiasi Dishub Kabupaten Jombang untuk membantu masyarakat yang hendak kembali ke kampung halamannya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pelepasan keberangkatan bus mudik gratis ini dilakukan di halaman Terminal Kepuhsari, Peterongan, Jombang. Puluhan masyarakat tampak antusias mengikuti program mudik Lebaran gratis ini, Minggu (14/04/2024).

Empat bus disediakan untuk mengangkut para pemudik ke berbagai kota tujuan. PJ Bupati Jombang, Sugiat, melepas keberangkatan bus-bus tersebut dengan ditandai pemecahan kedi oleh Kepala Dishub Jombang Budi Winarno sebelum diberangkatkan.

Ditemui sebelum berangkat, salah satu pemudik, Fani Putri, mengaku terbantu dengan program ini. Mahasiswi asal Jombang yang akan mudik ke Semarang ini awalnya kesulitan mendapatkan tiket kereta.

"Alhamdulillah, sangat terbantu dengan adanya kegiatan mudik Lebaran gratis ini. Saya tahu program ini dari teman dan media sosial, ternyata benar ada dan saya daftar untuk mudik bareng," ujar Fani.

Sementara itu, Pj Bupati Jombang Sugiat, mengapresiasi terselenggaranya program mudik Lebaran gratis ini. Ia berharap program ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam mudik Lebaran.

"Ini momentum Lebaran yang tentu saja sangat dibutuhkan untuk menjaga keselamatan warga," paparnya.

Sugiat berharap, program ini dapat dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya dengan cakupan yang lebih luas. "Saya ingin tahun selanjutnya tetap dilakukan, tidak hanya momen Lebaran, tapi juga bisa dilakukan pada tahun baru dan momen Natal," terangnya.

Kepala Dishub Kabupaten Jombang, Budi Winarno, menyampaikan bahwa program mudik Lebaran gratis ini bertujuan untuk membantu warga yang akan kembali ke kota, kabupaten, atau daerah tujuan untuk bekerja, berusaha, atau aktivitas lain.

"Mudik gratis melalui angkutan massal ini diharapkan dapat menekan potensi terjadinya kecelakaan bagi masyarakat Jombang yang naik roda dua maupun kendaraan lain," ungkapnya.

Budi merinci, terdapat empat kota tujuan yang akan diberangkatkan dengan empat armada. Yaitu: Jombang - Semarang (55 orang), Jombang - Maospati (24 orang), Jombang - Surabaya Gresik (66 orang). "Total peserta mudik Lebaran gratis yang berangkat tahun ini adalah 145 orang," paparnya.

Budi menambahkan, program angkutan arus balik ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Jombang dan berhasil memfasilitasi warga untuk mudik antarprovinsi secara gratis.

"Kedepannya mungkin akan lebih jauh lagi. Tahun kemarin hanya dibatasi antarkabupaten saja. Program ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dan memastikan mereka dapat kembali ke kampung halamannya dengan selamat," pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV