SUARA INDONESIA

Mei 2024 Diyakini Awal Kemarau, Petani Garam di Sampang Mulai Siapkan Lahan

Hoirur Rosikin - 21 May 2024 | 13:05 - Dibaca 484 kali
News Mei 2024 Diyakini Awal Kemarau, Petani Garam di Sampang Mulai Siapkan Lahan
Petani garam di Desa Marparan, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, saat melakukan perbaikan lahan. (Foto: Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SAMPANG – Petani garam di Desa Marparan, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mulai menggarap lahan mereka untuk memulai produksi garam tahun ini.

Petani berani memulai penggarapan lahan, karena mereka yakin awal Mei 2024 ini sebagai awal musim kemarau. Cuaca dinilai menguntungkan, karena mulai panas dan hujan juga sudah jarang.

Keyakinan para petani ini juga tidak berangkat dari kotak kosong. Melainkan berdasarkan perkiraan yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG).

Hary (35), petani garam asal desa setempat mengatakan, saat ini petani sudah mulai memperbaiki lahan untuk mempercepat proses produksi garam di tahun ini.

"Terkadang malam hari masih gerimis, tapi hanya sebentar. Sehingga kami tetap menyiapkan lahan, biar proses produksi garam semakin cepat," jelasnya, Selasa (21/05/2024).

Sementara, Ruslan (49), warga Desa Ragung, Kecamatan Pengarengan, Sampang, menuturkan hal yang sama. Petani di desanya juga mulai turun memperbaiki lahan produksi garam.

"Kami saat ini mempercepat produksi garam di tahun 2024. Sejak awal Mei, kami sudah turun untuk memperbaiki lahan," ungkapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV