SUARA INDONESIA

Rofik Hananto Bareng Kementerian ESDM Salurkan Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis di Purbalingga

Iwan Setiawan - 15 September 2024 | 07:09 - Dibaca 978 kali
News Rofik Hananto Bareng Kementerian ESDM Salurkan Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis di Purbalingga
Rofik Hananto saat menyerahkan bantuan pasang listrik secara gratis kepada warga Desa Losari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, PURBALINGGA -Anggota DPR RI Komisi VII Rofik Hananto bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyalurkan bantuan pasang baru listrik di Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2024).

Kementerian ESDM, Ainul Wafa mengatakan, program ini meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu, untuk mendapatkan bantuan pasang listrik secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Sebanyak 12.983 rumah tangga di Jawa Tengah menjadi sasaran bantuan pasang baru listrik (BPBL) tahun 2024, salah satu satunya bantuan di Kabupaten Purbalingga.

Dalam melaksanakan program ini, Kementerian ESDM menugaskan PT PLN (Persero) untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL. Program BPBL merupakan kegiatan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI.

"Penerima BPBL merupakan rumah tangga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), dan/atau layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setingkat," katanya.

Di tempat sama, Rofik Hananto mengungkapkan, bantuan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang masih menyalur listrik dari tetangga. Program BPBL membuat masyarakat dapat menikmati listrik mandiri.

"Listrik secara mandiri banyak manfaatnya apalagi di Desa Losari sebagai sentra bisnis, sebagian besar masyarakatnya pengusaha. Listrik yang terjamin dan andal, hal ini pasti akan dirasakan dampaknya oleh masyarakat," ujar Rofik.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga, Gunanto Eko Saputro berharap, program BPBL ini dapat mengurangi sambungan-sambungan listrik tidak resmi, khususnya di Kabupaten Purbalingga.

"Harapan kami program ini signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pengembangan UMKM," ujarnya.

Salah satu penerima manfaat, Narto (51), mengungkapkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan pasang baru listrik di rumahnya. 

"Sekarang sudah ayem punya listrik sendiri dan tidak perlu lagi menyambung dari rumah tetangga," katanya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV