SUARA INDONESIA

HUT ke-59 SDK Krida Dharma Blora, Ratusan Pelajar Olahraga dan Kampanye Lingkungan

Gunawan - 28 September 2024 | 10:09 - Dibaca 219 kali
News HUT ke-59 SDK Krida Dharma Blora, Ratusan Pelajar Olahraga dan Kampanye Lingkungan
Ratusan pelajar dari Yayasan Yohanes Gabriel mengikuti jalan sehat dan kampanye lingkungan di HUT ke 59 SD Katolik Krida Dharma Blora, Sabtu (28/9/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, BLORA - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 59 Sekolah Dasar Katolik (SDK) Krida Dharma di Kabupaten Blora Jawa Tengah, berlangsung semarak dan meriah.

Ratusan pelajar terlihat antusias mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK hingga Playgroup dari satu Yayasan Yohanes Gabriel mengikuti jalan sehat yang dirangkai dengan kampanye lingkungan. "HUT tahun ini, begitu berbeda dari sebelumnya.

Para pelajar mengajak masyarakat untuk berolahraga (jalan sehat) dan mengkampanyekan lingkungan, pentingnya menjaga dan merawat bumi," kata Kepala SDK Krida Dharma Blora, Imaculata Rahayu Widoningsih, di Blora.

Anak-anak ini, kata Ema, memang sudah dilatih di sekolah. Mulai dari mengenal, memahami, memelihara, pentingnya menjaga dan merawat lingkungan, bumi tercinta ini.

"Maksud dan tujuannya adalah agar para pelajar SDK Krida Dharma kelak bersungguh-sungguh menjadi orang yang berjuang, peduli dengan lingkungan, merawat dan memelihara bumi,” terangnya, pada Sabtu (28/9/2024).

Para pelajar ini, kata dia, juga sudah diajarkan untuk membiasakan diri membawa tumbler, botol minum sendiri, perlengkapan makan dan hal lainnya dengan mandiri.

"Seminim mungkin, penggunaan itu (sampah) dapat dilakukan di usia dini. Sampah plastik, kertas dan jenis lainnya," paparnya.

SDK Krida Dharma Blora, kata Ema, juga ada kegiatan Jumat Menabung, setiap hari adik-adik harus menimbang sampah.

"Jadi para pelajar ini menabung sampah di hari Jumat. Tiap hari harus menimbang sampah," ungkap Ema.

Dengan demikian, Kepsek SDK Krida Dharma menambahkan, mereka akan tahu dan mengerti dengan sendirinya. Kelas mana yang paling banyak menggunakan sampah melalui timbangan-timbangan sehari harinya.

Kami juga turut memberikan edukasi, mengajarkan menanam, merawat pohon, cara mengolah sampah membuat Eco Enzym.

"Dari hal-hal kecil inilah, mereka akan memahami. Inilah salah satu tujuannya menjernihkan udara, mencintai dan merawat bumi sedini mungkin," jelas Ema.

Komite SDK Krida Dharma, Heru Triana saat ditemui wartawan Suara Indonesia mengatakan bahwa sebanyak 150 lebih anak-anak ikut terlibat langsung memeriahkan jalan sehat dan berkampanye lingkungan.

Jalan sehat ini mengangkat tema "Sekolah Kita, Bumi Kita" yang dimulai pukul 06.00 WIB itu, mengambil start di jalan Kol Sunandar No 57 Blora Kota, ke arah jalan Sudarman-jalan Pemuda Blora-jalan Sumodarsono dan kembali dititik awal.

"Ada 150 lebih pelajar di momen spesial dan terlihat beda dari sebelumnya," kata Heru.

"Mari saling memelihara, menjaga, rumah kita, bumi bersama. Olahraga dan kampanye lingkungan," terangnya.

Salah satu wali murid, Darmawan warga Ketangar, Blora Kota, mengapresiasi dan mendukung acara jalan sehat serta kampanye lingkungan SDK Krida Dharma.

"Selamat ulang tahun ke 59, sangat menginsipirasi. Jalan sehat yang dirangkai dengan kampanye lingkungan," kata ayah Lucius Langit, kelas 1 SDK Krida Dharma. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV