SUARA INDONESIA

Cak Udin: 22 Oktober Adalah Milestone Santri untuk Mempertahankan NKRI

Aditya Mahatva Yodha - 22 October 2024 | 18:10 - Dibaca 104 kali
News Cak Udin: 22 Oktober Adalah Milestone Santri untuk Mempertahankan NKRI
Hasanuddin Wahid (Cak Udin) Menerima Penghargaan Santri Of The Year 2024 untuk Kategori Santri Legislator Inspiratif 2024 dari Islam Nusantara Center (INC). (Foto: Hasanuddin Wahid for Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, MALANG- Sejak ditetapkannya Surat Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri, maka setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Momen penting ini tidak lepas dari pada kondisi dan latar belakang historis dari peran para santri dan Ulama di Indonesia saat itu yang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Anggota DPR RI, Hasanuddin Wahid selaku Santri Legislator Inspiratif 2024 mengatakan, 22 Oktober adalah sebuah Milestone Santri untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"22 Oktober adalah sebuah milestone buat bangsa ini yang dipelopori oleh para santri dan pondok pesantren untuk mempertahankan untuk merebut kembali kemerdekaan yang sedang diancam oleh penjajah," ujar Anggota DPR RI Fraksi PKB dari Dapil Jawa Timur V (Malang Raya), Hasanuddin Wahid, Selasa (22/10/2024).

Bagi Cak Udin, sapaan akrab Hasanuddin Wahid, santri itu tidak hanya bisa mendalami ilmu agama dan mendalami ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi dalam membela negara ini.

"Terbukti dari peristiwa 22 Oktober melalui Resolusi Jihad Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari, tanpa diminta negara pun para santri mau tampil untuk maju," ungkap Cak Udin.

Diketahui, Cak Udin lahir  02 April 1975 di Kota Batu, Jawa Timur. Semasa kecil, ia mengenyam pendidikan di MI Miftahul Ulum Batu, kemudian berlanjut di MTs Hasyim Asy'ari Batu, kemudian nyantri di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Pesantren Muassis Nahdlatul Ulama Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, sembari menamatkan Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah (MASS).

Setelah dari Tebuireng, Ia melanjutkan kuliah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Saat masih di bangku kuliah, ia juga pernah menjadi Ketua Umum PC PMII Kota Malang lalu setelah itu melanjutkan kiprahnya di PB PMII dan PBNU.

Saat ini, Cak Udin menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB periode 2024 - 2029 dari hasil Muktamar PKB ke 6 di Bali. Ia juga terpilih kembali menjadi anggota legislatif Fraksi PKB dari Daerah Pemilihan Jawa Timur V (Malang Raya). (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya Mahatva Yodha
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV