SUARA INDONESIA

Rengganis Race and Challenge 2023 di Situbondo, Diikuti Ratusan Pembalap Nasional dan Internasional

Syamsuri - 28 October 2023 | 19:10 - Dibaca 2.02k kali
Olahraga Rengganis Race and Challenge 2023 di Situbondo, Diikuti Ratusan Pembalap Nasional dan Internasional
Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi saat bersepeda memantau persiapan event sport tourism Situbondo Rengganis Race and Challenge 2023. ( Foto : Bagian Prokopim Sekretariat Pemkab Situbondo)

SITUBONDO,Suaraindonesiaco.id -- Untuk mengenalkan dan sekaligus menarik para wisatawan datang ke Kabupaten Situbondo, Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar  event sport touris Situbondo "Rengganis Race and Challenge 2023. Kegiatan ini akan diikuti ratusan pembalap nasional dan Internasional pada Minggu (29/10/2023) besok.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, akan terus berkomitmen menggelar even  olahraga wisata atau sport tourism karena kegiatan ini menjadi bagian dan cara untuk menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara datang ke Kabupaten Situbondo.

"Dengan adanya even sport tourism ini tentunya akan berdampak untuk mengenalkan Kabupaten Situbondo, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Peluang inilah yang kami tangkap untuk bisa menarik para wisatawan bisa datang ke Kota Situbondo," kata Bung Karna, sapaannya.

Manager Rengganis Race and Challenge, Udianto menjelaskan, pelaksanaan even balap sepeda yang digelar ini selain diikuti oleh pembalap dari enam provinsi juga diikuti oleh sejumlah pembalap dari enam negara.

"Peserta pembalap sepeda  diikuti dari Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, DKI Jakarta, Bali, dan Kalimantan Barat serta pembalap dari beberapa manca negara seperti Spanyol, Rusia, Belanda," jelasnya.

"Kegiatan event ini untuk mengenalkan Kabupaten Situbondo ke negara negara luar karena kegiatan ini sudah level internasional karena diikuti oleh pembalap yang profesional di tingkat internasional," tambahnya.

Lebih lanjut Dia mengungkapkan, konsep even  balap sepeda ini disebutnya fun and race karena sebelum bertanding para peserta akan bersepeda mulai dari Pendopo Aryo Situbondo berkeliling hingga Desa Jetis, Kecamatan Besuki.

"Sesampainya di Desa Jetis  inilah menjadi titik nol para peserta pembalap sepeda menuju Kecamatan Sumbermalang. Dari start menuju ke finis di Sumbermalang berjarak sekitar 14 kilometer, dengan jalan yang menanjak,"ungkapnya.

Menurutnya ajang balap sepeda yang diikuti pembalap nasional dan internasional ini sangat efektif untuk mengenalkan Kabupaten Situbondo ke dunia luar. Even seperti ini sudah dilakukan oleh beberapa daerah untuk mengenalkan daerahnya.

"Pihaknya sangat terkejut saat mengetahui Kabupaten Situbondo punya spot balap sepeda yang bagus dan representatif. Karena tantangan bagi pembalap ada di Sumbermalang, yang tanjakannya cukup tajam," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV