SUARA INDONESIA

Polda Jateng Siagakan Ribuan Personel Gabungan Amankan Piala Dunia U-17 di Surakarta

Andi Saputra - 07 November 2023 | 16:11 - Dibaca 1.38k kali
Olahraga Polda Jateng Siagakan Ribuan Personel Gabungan Amankan Piala Dunia U-17 di Surakarta
Kabidhumas Polda Jateng Satake Bayu Setianto. (Foto : Andi Saputra/Suaraindonesia.co.id)

SEMARANG, Suaraindonesia.co.id - Stadion Manahan Surakarta akan menjadi magnet utama gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia. Sebanyak 14 pertandingan akan digelar di stadion itu sejak penyisihan grup pada 10 November hingga final pada 2 Desember.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, selaku Kasatgas Humas dalam Operasi Aman Bacuya 2023 Tingkat Polda Jateng, mengatakan, pihaknya berfokus pada pengamanan seluruh peserta, termasuk rangkaian pertandingan yang digelar di stadion Manahan Surakarta.

"Selain itu, pengamanan juga menargetkan seluruh rangkaian kegiatan mulai pengamanan jalur dan rute yang dilalui, tempat pertandingan yaitu Stadion Manahan Solo, enam stadion tempat latihan, serta dua tempat penginapan," ujarnya, kepada suaraindonesia.co.id, Selasa (7/11/2023). 

Menurutnya, di lokasi pertandingan, pengamanan dilakukan menggunakan tiga lapis zona pengamanan. Sebanyak 4.515 personel disiagakan Polda Jateng, terdiri dari personel gabungan Polri dan TNI

“Secara terperinci, personel yang disiagakan terdiri dari 963 personel pengamanan dari Satker Mapolda Jateng, 3.141 personel dari polres jajaran dan 500 personel dari TNI,” jelasnya. 

Satake Bayu menuturkan, sejumlah unit taktis turut diterjunkan dalam kegiatan pengamanan. Di antaranya Unit K-9 dari Tim Polsatwa, Jibom dan Jihandak dari Gegana, PHH dan Anti Drone dari Satbrimob, serta Tim Cyber dari Satgas Gakkum.

“Untuk pengamanan zona I (di dalam stadion) mengedepankan fungsi dan peran dari Steward yang dikendalikan oleh FIFA. Pelibatan personel Polri dilaksanakan sesuai dengan ekskalasi ancaman dan permintaan dari safety dan security officer,” ujarnya. 

Satake Bayu menambahkan, sedangkan pengamanan di zona II atau sekitar kawasan stadion dan zona 3 di luar kawasan stadion, menjadi tanggung jawab Polri yang bantu oleh petugas lain yang terkait.

"Pengendalian kegiatan pengamanan akan dilakukan melalui dua posko taktis di ruang RTMC Polresta Surakarta dan di Stadion Manahan. Selain itu, juga disiapkan posko utama di ruang MCC Biro Operasi Mapolda Jateng," ucapnya. 

Menurut dia, Polda Jateng juga menyiagakan ratusan CCTV di seluruh penjuru Kota Surakarta dan terintegrasi di posko taktis RTMC di Mako Polresta Surakarta. Sedangkan di dalam lingkungan Stadion Manahan, telah disiapkan 87 CCTV yang memantau situasi selama 24 jam. 

"Saya mengimbau kepada warga agar ikut berperan serta memelihara kondusivitas kamtibmas selama gelaran Piala Dunia U-17 di Kota Surakarta," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV