SUARA INDONESIA

Lima Tips Cari Aman Berkendara Motor Hadapi Tanjakan

Tim - 13 May 2022 | 20:05
Otomotif Lima Tips Cari Aman Berkendara Motor Hadapi Tanjakan
SURABAYA- Berkendara dan berwisata menuju pegunungan sangat mengasyikkan selain udara yang sejuk juga pemandangan yang bagus. Agar perjalanan kita tetep aman dan nyaman perlu diketahui tekhnik berkendara saat melewati jalanan menurun. Berkendara dengan teknik yang salah bisa menyebabkan beberapa resiko yang bisa dialami pengendara mulai dari rusaknya komponen motor sampai dengan terjadinya kecelakaan.

Nah untuk itu sebagai pengendara sepeda motor yang akan melewati jalur tersebut sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut agar tetap aman dan nyaman. Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Dimas Satria Kelana memberikan tips teknik berkendara di jalur khusus pegunungan ada bagian jalan yang menanjak dan menurun.

  1. Posisikan badan condong ke depan. Hal ini untuk mengurangi resiko ban depan terangkat.
  2. Khusus untuk motor yang bertransmisi manual gunakan gigipersneling rendah agar tenaga motor tetap terjaga.
  3. Jaga putaran mesin di RPM menengah sampai atas agar tenaga tidak drop.
  4. Untuk mengurangi kecepatan dan berhenti sebaiknya gunakan pengereman belakang.
  5. Menjaga jarak aman berkendara. Agar bisa menghindar ketika kendaraan di depan kita tiba-tiba mundur.
Selain teknik berkendara, pengendara motor juga harus memastikan beberapa hal berikut : Pastikan kondisi motor baik, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya cek kondisi kendaraan. Karena tujuan berkendara ke pegunungan otomatis jalan yang dilalui berupa tanjakan dan turunan maka pastikan komponen rem dalam kondisi optimal. Jika memang diperlukan, melakukan service terlebih dahulu agar performa kendaraan juga bagus. Pakailah riding gear yang lengkap seperti helm, jaket, sarung tangan, dan memakai sepatu.

“Dengan mengetahui teknik berkendara, kita dapat terhindarkan dari bahaya kecelakaan di jalan, sekaligus kita bisa berkendara dengan nyaman dan sesuai dengan slogan keselamatan berkendara dari Honda Cari Aman” kata Dimas Satria.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya