SUARA INDONESIA
Banner

Isu Kesehatan Diambil dalam Peringatan Hari Santri di Tengah Pandemi Covid-19

TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar upacara memperingati Hari Santri tahun 2020. Bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha. 

Pejabat Sementara Bupati Trenggalek Benny Sampirwanto mengatakan, dalam peringatan hari santri kali ini dengan tema Santri Sehat, Indonesia Kuat. 

"Isu kesehatan diambil karena peringatan hari santri ini dilaksanakan di tengah-tengah Pandemi Covid 19," ungkapnya, Kamis (22/10/2020).

Lanjut Benny, semangat ini diharapkan bangsa ini mampu melewati pandemi ini dengan baik. Jika santri sehat, insya Allah negara kita juga akan sehat dan kuat.

Mengingat pesantren termasuk kedalam entitas yang rentan penyebaran Covid 19, sehingga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi yang utama. 

"Dengan kedisiplinan kita bisa terhindar dari pandemi ini. Mari kita berdoa agar lekas keluar dari belenggu pandemi ini," ucapnya.

Dalam peringatan hari santri ini dibacakan risalah resolusi jihad oleh Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Samsul Anam. Turut hadir pula dalam peringatan ini Forkopimda dan alim ulama di Kabupaten Trenggalek. 

Hari santri merupakan bentuk penghormatan pemerintah atas andil santri yang berkontribusi aktif bahkan menjadi garda depan dalam merebut kemerdekaan. 

22 Oktober ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo tahun 2015 lalu, melalui Surat Keputusan Presiden no 22 tahun 2020. Penetapan ini merujuk tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa berjihat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Resolusi Jihad sendiri menghasilkan peristiwa heroik 10 November yang kita peringati dengan Hari Pahlawan.

Apa Reaksi Anda?