SUARA INDONESIA

Siswa SMP Pius Cilacap Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Sains Nasional

Satria Galih Saputra - 10 May 2024 | 20:05 - Dibaca 1.10k kali
Pendidikan Siswa SMP Pius Cilacap Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Sains Nasional
Ignasius Loyola Anthonio Pudya, siswa kelas XI SMP Pius Cilacap saat menunjukan medali emas yang diraihnya. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ignasius Loyola Anthonio Pudya, siswa kelas XI SMP Pius Cilacap ini tak menyangka dirinya berhasil menyabet medali emas pada ajang Nusantara Brilliant Minds Olympiad (NMMO) bidang Bahasa Indonesia, dan National Best Student Competition (NBSC) bidang PKn. 

Atas prestasi yang diraihnya tersebut, siswa yang akrab disapa Pudya ini jelas membawa harum nama sekolah pada khususnya, dan juga Kabupaten Cilacap.

Diketahui, Olimpiade NMMO dan NBSC sendiri merupakan ajang bergengsi tingkat Nasional yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan berlangsung secara online di bulan Januari dan April 2024. 

Pudya saat ditemui mengaku senang atas keberhasilannya tersebut. Dan keinginan mengikuti olimpiade sains tingkat nasional tersebut adalah murni keinginan dirinya sendiri.

"Motivasi saya mengikuti olimpiade sains ini sebagai salah satu sarana persiapan ujian sekolah. Kebetulan pas lagi scrol di IG lihat pengumuman kompetisi ini. Ya udah, saya langsung memutuskan daftar," katanya kepada Suara Indonesia, Jumat (10/5/2024).

Selama kompetisi berlangsung Pudya mempersiapkan diri dengan cara banyak membaca buku kumpulan soal SMP. "Soal-soalnya kan materi dari kelas VII sampai XI, ada bukunya. Tinggal saya baca saja," ungkapnya. 

Adapun pengumuman dilakukan panitia penyelenggara melalui grup WA khusus peserta, serta akun media sosial panitia. Sedangkan untuk peserta berjumlah ribuan siswa dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala SMP Pius Cilacap Thomas Sutasman mengaku bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh siswanya tersebut karena mengangkat nama sekolah.

"Sebagai Kepala Sekolah tentu saya merasa senang karena ada siswa kami yang berprestasi. Semoga dengan prestasi itu, dapat memberi semangat dan spirit bagi adik-adik kelas maupum teman-temannya," kata Kepala SMP Pius Cilacap sekaligus orang tua Pudya ini.

Thomas menambahkan, bahwa selama ini sekolah yang ia pimpin amat suportif kepada prestasi para siswa, apapun bidang yang diraih. 

"Apapun prestasi yang diraih oleh siswa, selalu kami hargai. Dan ketika momen hari Pendidikan Nasional maupun Hari Guru selalu kami beri piagam penghargaan bagi siswa berprestasi seperti kemarin juara 1 lomba layangan Tingkat Kabupaten, renang dan lainnya," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV