SUARA INDONESIA

Inovatif, Wali Kota Mojokerto Pamer Layanan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo

Mohamad Alawi - 17 February 2023 | 06:02 - Dibaca 1.26k kali
Pemerintahan Inovatif, Wali Kota Mojokerto Pamer Layanan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (tengah) Kadiskominfo Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias,(kanan) dan Direktur RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo., dr. Sulaiman Rosyid (kiri) saat acara Ngopi (Ngobrol Penuh Inspirasi) bersama wartawan Mojokerto di Halam

Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, mengadakan acara Ngopi (Ngobrol Penuh Inspirasi) bersama 85 wartawan Mojokerto di Halaman RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, Jumat (17/2/2022). Dalam acara tersebut Ning Ita memamerkan layanan dan inovasi RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo. 

Direktur RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo., Sulaiman Rosyid menjelaskan saat ini memiliki  layanan kateterisasi jantung (cath lab). Layanan ini dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan Diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan Intervensi non bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda. 

"Jadi bukan dadanya digergaji ya. Cath lab ini pemasangan katerisasi intervensi non bedah melalui pembuluh darah," ungkap dr. Rasyid. 

Setidaknya ada lima tindakan Cath lab. Pertama, Diagnostic Coronary Angiography (DCA) merupakan proses diagnostic penyakit jantung koroner. Kedua, Percutaneus Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA) Stent adalah prosedur non-bedah dengan invasi minimal yang digunakan untuk membuka pembuluh darah yang menyempit. Ketiga, Temporary Pace Maker (TPM) adalah Pemasangan pacu jantung yang bersifat sementara pada pasien dengan irama jantung lambat. Keempat, Percutaneous Transvenous Mitral Commisurotomy (PTMC) merupakan tindakan untuk memperbaiki kelainan pada katup mitral. Dan kelima, Kateterisasi Jantung (Penyadapan).

"Cath Lab ini adalah satu-satunya layanan tindakan ring jantung yang ada di Mojokerto Raya. Untuk pelayanan ini pasien tak hanya dari Kota Mojokerto saja namun juga datang dari Kota sekitar," ujarnya. 

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto mengungkapkan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo memiliki layanan terbaru yakni Poli Eksekutif. 

“Poli ini memberikan pelayanan yang lebih nyaman sebagai layanan unggulan. Dalam ruangan ini berbagai sarana disediakan seperti ruang laboratorium, ruang laktasi, ruang farmasi, musala, toilet dan ruang kantin. Selain itu, dalam pelayanan poli eksekutif ini dilakukan serba cepat,” terang Ning Ita sapaan akrabnya. 

Pasien bisa daftar melalui online maupun langsung di lokasi pelayanan

Menurut Ning Ita, Poli Eksekutif merupakan inovasi terbaru. Masyarakat Kota Mojokerto yang ekonominya keatas sering memilih pelayanan kesehatan diluar Mojokerto seperti ke Surabaya.

Dengan adanya pemberitaan Poli Eksekutif, harapannya masyarakat Mojokerto Raya dan sekitarnya tidak perlu harus ke rumah sakit Surabaya untuk mendapatkan pelayanan Poli Eksekutif. 

"Saat ini ada 57 dokter spesialis yang disediakan di Rumah sakit ini. Dokter ini diperuntukkan baik untuk pelayanan JKN atau Jamsostek maupun pasien umum," terangnya. 

RSUD Kota Mojokerto juga memiliki layanan pendaftaran online. Aplikasi ini dapat memberikan layanan yang lebih gampang dan nyaman bagi masyarakat. 

"Bagi pasien yang mau mendaftar, pasien tidak harus datang ke RSUD Kota Mojokerto, namun cukup lewat aplikasi Si Mapan,” tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024