SUARA INDONESIA

Hadiri di Pembukaan TMMD, Bupati Bondowoso: Percepat Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Bahrullah - 10 May 2023 | 14:05 - Dibaca 2.23k kali
Pemerintahan Hadiri di Pembukaan TMMD, Bupati Bondowoso: Percepat Pelaksanaan Pembangunan Daerah
KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso saat menyerahkan alat-alat pertanian saat pembukaan TMMD


BONDOWOSO - KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso menghadiri acara pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 di lapangan Desa Kerang, Kecamatan Sukosari.

Tema yang diangkat 'Sinergi Lintas Sektor Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat'.

TMMD di tempatkan di Kecamatan Sukosari meliputi 2 Desa, yakni Desa Kerang dan Desa Pecalongan dengan anggaran sebesar Rp 3 Miliar.

Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, program TMMD ini mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Ini merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah," ungkapnya usai upacara pembukaan TMMD di lapangan Desa Kerang, Rabu (10/5/2021).

Lebih lanjut, KH. Salwa Arifin menjelaskan, berbagai pembangunan fisik dan non fisik sudah mulai direalisasikan sejak ditetapkannya Pra-TMMD pada tanggal 1 Mei 2023 lalu.

KH Salwa melanjutkan, pembangunan infrastruktur yang bangun pada pengerjaan perbaikan jalan lingkungan, rekonstruksi jaringan jalan, pavingisasi jalan, pembuatan penahan bahu jalan serta pembangunan fasilitas umum, seperti pos kamling dan tempat Mandi Cuci Kakus (MCK).

"Kalau pembangunan non fisik berupa suntik Inseminasi Buatan pada hewan ternak, kolam ternak ikan, pemberian buku, bangku sekolah dan masih banyak lagi bantuan non fisik lainnya," ujarnya.

Dia meminta kepada perangkat daerah yang terlibat untuk dapat mendukung dengan maksimal mungkin program TMMD. Sebab program TMMD ini selaras dengan visi misi Melesat (Mandiri ekonomi, lestari, sejahtera, adil dan terdepan), baik di bidang infrastruktur dan non fisik.

“Tentunya keberhasilan program TMMD ini tidak lepas dari partisipasi aktif, dan kolaborasi dari seluruh komponen masyarakat,” kata orang nomor satu di Bondowoso itu.

Kami juga berharap apa yang dihasilkan dalam program TMMD tahun ini dapat memberikan manfaat untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di kecamatan Sukosari.

“Jadi masyarakat dapat mendukung penuh adanya kegiatan ini karena tujuan utama TMMD adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat Bondowoso,” sebutnya.

Kami pesan kepada seluruh prajurit yang melaksanakan TMMD untuk tetap menjaga semangat kebersamaan kemanunggalan tni rakyat dan jangan mudah terhasut dan terprovokasi dari pihak manapun yang ingin memecahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jadi dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kegiatan TMMD reguler Ke-116 tahun 2023 Kabupaten Bondowoso, kami menyatakan resmi dibuka,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPRD) Haeriyah Yuliati menambahkan, Desa Kerang dan Pecalongan dipilih sebagai lokasi TMMD tahun ini, karena merupakan daerah atau lokasi khusus untuk penanganan kasus sunting.

Kata Haeriyah, sama seperti pada TMMD sebelumnya, kegiatan TMMD menggunakan strategi pemberdayaan masyarakat dengan pola swakelola agar masyarakat ikut langsung dalam melaksanakan pembangunan.

“Angka sunting di 2 Desa ini masih lumayan tinggi. Itu sebabnya kita pilih di sini agar baik infrastruktur maupun potensinya bisa dimaksimalkan,” terangnya.

Dengan adanya TMMD, Haeriyah berharap tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Kerang dan Pecalongan bisa meningkat. Di samping itu juga diharapkan bisa mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Pantauan di lokasi, berbagai fasilitas umum seperti gapura batas Desa dan pos kamling sudah mulai dikerjakan bersama tenaga profesional, TNI dan masyarakat. Pembangunan dijadwalkan selesai pada Juni mendatang.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0822, Letkol Arm Suhendra Chipta M. Tr. Hanla., Wakapolres Bondowoso, Kompol Joes Indra Lana, SH, MH., Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso, Puji Triasmoro, SH, MH., Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso Bambang Soekwanto, Danlanud Abd, diwakili Saleh Kadispotdirga Kolonel Tek Chaeruman, Danrem 083/Bdj diwakili Kasiter Letkol Inf Simon Mangampa, Danyonkav 3/Serbu diwakili Letda Hariyanto, Danlanal diwakili Letda Nurhasan, dan sejumlah kepala OPD, dan camat Sukosari, Supilih serta Kepala Desa (Kades) Kerang, Eko Purwantoro. (ADV).




» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024