SUARA INDONESIA

Datang ke Madiun, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI Buka Program Pendidikan Kewirausahaan

Septian - 21 June 2021 | 17:06
Pendidikan Datang ke Madiun, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI Buka Program Pendidikan Kewirausahaan

Madiun - Ciptakan Sumber daya Manusia (SDM) kewirausahaan yang berkualitas. Direktur Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI memberikan pendidikan dan pelatihan Program Pendidikan Kewirausahaan (PKW) agar dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat lain. 

Direktur Kursus dan Pelatihan, Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud RI Wartanto mengatakan, bahwa program PKW sendiri tercatat sebagai salah satu dari enam program utama yang akan dilakukan Ditjen Pendidikan Vokasi. 

"Kegiatan ini sangat pengetin, khususnya bagi mereka lulusan SMA/SMK yang masih belum mendapatkan pekerjaan sehingga bisa membuka peluang pekerjaan sendiri," kata Ditjen Pendidikan Vokasi Wartanto, Senin (21/06/2021). 

Terlebih Wartanto menegaskan, jika pemerintah pusat sangat mendukung program pendidikan kewirausahaan seperti yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Betarin Kabupaten Madiun ini. Mengingat kegiatan tersebut bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas. 

"Dana dari pemerintah pusat untuk program tersebut setiap siswa berkisar Rp 6 juta hingga Rp 20 juta tergantung jenih pelatihannya," tegasnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Siti Zubaedah berharap, setiap kegiatan tersebut bisa menciptakan Out Put dan Out Come. Dimana program pelatihan kewirausahaan akan berdampak yang cukup baik khususnya masyarakat Kabupaten Madiun yang belum memiliki pekerjaan. 

Di sisi lain, hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Lembaga Pelatihan dan Kursus Betarin Susyani. Pihaknya sangat berterima kasih kepada Direktur Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud RI yang sudah mendukung program PKW di Kabupaten Madiun. 

"Di Lembaga Betarin ada 30 peserta yang tersebar di berbagai daerah mulai dari Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi dan Nganjuk. Berharap mereka nantinya bisa menjadi contoh masyarakat yang hendak berwirausaha," pungkasnya. (Sep) 

Pewarta : Septian
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya