SUARA INDONESIA

Siswa di Jombang Semarakkan Hari Bumi dengan Menanam Pohon

Gono Dwi Santoso - 22 April 2024 | 09:04 - Dibaca 1.40k kali
Pendidikan Siswa di Jombang Semarakkan Hari Bumi dengan Menanam Pohon
Siswa SDN Kepuhrejo 1, Jombang, menanam pohon kelor di lingkungan sekolahnya, Senin (22/04/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Memperingati Hari Bumi, siswa-siswi SDN Kepuhrejo 1, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengadakan kegiatan menanam pohon dan belajar menanam sayuran di lingkungan sekolah, Senin (22/04/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh para siswa. Puluhan bibit pohon kelor telah disiapkan oleh pihak sekolah. Selanjutnya, para siswa diajak secara mandiri merawat tanaman yang mereka tanam.

Selain menanam pohon, para siswa juga diberikan gelas plastik yang telah diisi dengan sekam dan tanah, serta bibit sayuran untuk ditanam di depan masing-masing kelas mereka untuk dirawat setiap hari.

Azam, salah satu siswa mengungkapkan, agenda ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di sekolahnya untuk memperingati Hari Bumi. Ia memilih menanam pohon kelor karena banyak manfaatnya.

Guru SDN Kepuhrejo 1 Kudu Jombang, Ida Dwi Krisnawati menjelaskan, kegiatan hari ini adalah menanam dan menyemai benih yang ditanam di dalam gelas plastik yang diisi tanah, sekam dan benih.

"Para siswa nanti akan diberikan tanggung jawab untuk merawat tanaman yang telah ditanam tersebut," terangnya.

Lebih lanjut, Ida menuturkan, setelah benih sudah cukup besar, tanaman dapat dipindah ke lahan di sebelah sekolah untuk ditanam kembali agar dapat digunakan untuk konsumsi siswa sendiri.

"Selain menanam benih, tadi siswa juga menanam pohon kelor yang dipilih karena banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di sekolah ini," paparnya.

Menurutnya, kegiatan menanam pohon dan belajar menanam sayuran ini, merupakan langkah positif dalam menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Diharapkan dengan kegiatan ini, para siswa dapat lebih menghargai alam dan bertanggung jawab dalam merawat tanaman," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV