SUARA INDONESIA

Mau Keluarga Harmonis, Ini Kunci Wujudkan Keindahan Rumah Tangga Ala Islam

Muhammad Nurul Yaqin - 21 October 2021 | 14:10
Pendidikan Mau Keluarga Harmonis, Ini Kunci Wujudkan Keindahan Rumah Tangga Ala Islam

BANYUWANGI- Setelah menikah dan menjalani rumah tangga, semua pasangan menginginkan rumah tangga yang harmonis dan bahagia. 

Rumah tangga yang bahagia tentu tidak dapat terjadi tanpa adanya proses dan pembelajaran dari masing-masing pasangan.

Namun keinginan tersebut tidak selalu terwujud dengan mudah. Dalam rumah tangga tentu akan ada beberapa masalah dalam menuju perjalanan rumah tangga yang bahagia.

Tetapi, setiap masalah yang muncul tentunya memiliki solusi tersendiri untuk diatasi.

Dilansir dari konten di channel youtube Kepoin Islam Official, ada tujuh rahasia mendapatkan rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

Berikut rangkumannya:

1. Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT

Jangan pernah melupakan Allah SWT dalam setiap langkah kecil yang diambil dalam hidup. Mintalah bantuanNya untuk menjaga keluarga Anda tetap kuat dan harmonis.

Pasangan yang saling mencintai karena Allah juga akan semakin membuat rumah tangga bahagia dan harmonis. Karena hubungan yang baik dengan Allah akan mempengaruhi hubungan yang baik juga dengan pasangan.

2. Saling Menjaga Ibadah 

Keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah, tidak akan terwujud bila pasangan tidak menjaga ibadahnya dengan baik.

Pasangan suami istri dapat meraih kebahagiaan jika mereka taat berada di jalan Allah SWT dan saling mengingatkan dalam hal ibadah. Serta mengingatkan kewajibannya pada Allah SWT.

3. Saling Mencurahkan Perhatian

Suami istri yang saling perhatian juga dapat membuat rumah tangga semakin harmonis dan bahagia. Bahkan sedikit perhatian kecil saja dapat membuat pasangan senang.

Mencurahkan perhatian ini bisa diterapkan dengan saling mengucapkan kata cinta dan juga sayang kepada pasangan.

Hal ini terlihat sangat sederhana. Tetapi jika usia pernikahan telah lama, terkadang suami ataupun istri sudah jarang mengucapkan kata cinta maupun sayang.

4. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Kunci utama dari harmonisnya suatu keluarga yakni adanya waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama. Menghabiskan waktu bersama merupakan hal penting dalam menjaga ikatan keluarga.

Terkadang ketika suami sibuk kerja, sering kali meninggalkan waktu kebersamaan dengan keluarga di rumah. Waktu merupakan hal yang sangat berharga dan tak ternilai jika dibandingkan dengan uang sekalipun.

Jadi perlu meluangkan waktu. Bisa melakukannya dengan cara rekreasi bersama, saling bercerita, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan akan menumbuhkan cinta di tengah keluarga. 

Luangkanlah waktu untuk kumpul bersama keluarga meskipun sebentar. Tetapi hal itu sangat berkesan dan akan membuat rumah tangga jadi harmonis.

5. Bersyukur Kepada Allah

Rasa syukur juga merupakan salah satu pondasi memiliki rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Dengan bersyukur suami akan membuat istrinya berada di jalan yang benar, begitupun sebaliknya.

6. Bersabar dan Saling Memaafkan 

Terkadang ujian atau konflik dalam rumah tangga tidak bisa dihindari. Karenanya suami dan istri bisa saling jujur dan saling mempercayai satu sama lain.

Bila salah satu pasangan buat kesalahan, pasangan lainnya harus bersabar menghadapinya.

7. Tidak Mudah Marah

Tidak hanya memaafkan kesalahan keluarga. Anda juga harus menahan amarah kepada mereka.

Begitulah rangkuman mewujudkan rumah tangga yang harmonis dan bahagia. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV