SUARA INDONESIA

Puluhan Pelajar SMA/SMK di Kabupaten Purworejo Turuti Saka Wira Kartika

Agus Sulistya - 18 June 2022 | 19:06
Pendidikan Puluhan Pelajar SMA/SMK di Kabupaten Purworejo Turuti Saka Wira Kartika

PURWOREJO - Sekitar 90 pelajar dari SMA/SMK di daerah Kabupaten Purworejo ikuti kemping bakti saka wira kartika Kodim 0708 Purworejo yang dikerjakan di pantai Dewa Ruci, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa tengah, Sabtu (18/06/2022).

Kemping bakti ini dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim dengan diikuti penyematan pertanda peserta latihan dan pelepasan burung merpati dari paguyuban merpati pos sekitar Purworejo.

Kegiatan yang di kerjakan sepanjang 2 hari itu peserta akan diberi dengan beragam materi diantaranya wacana berkebangsaan, bela negara, lima krida yang mencakup survival, navigasi darat, pionirering, pantauan dan pengendalian musibah alam dan pembersihan objek rekreasi pantai dewa ruci.

Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf. Lukman Hakim sampaikan, aktivitas pramuka saka wira kartika itu mempunyai tujuan untuk membuat dan membangun angkatan muda supaya mempunyai personalitas yang kuat semangat dan ulet, tidak mudah menyerah, disiplin dan pekerja keras hingga sanggup jadi angkatan muda yang inovatif, inovatif dan bersaing pada masa mendatang.

"Kita dorong mereka untuk berorganisi, bekerja bersama, gotong-royong, ini terhitung dalam nilai pancasila yang di definisikan beberapa perintis kita dengan penanaman pohon beberapa pelajar di latihan perduli pada lingkungan," sebut Dandim.

Selanjutnya, Dandim menjelaskan, pergerakan pramuka dirasa sanggup membuat individu yang sopan lewat etika-etika sosial di mana bumi dijejak disanalah langit dijunjung, hingga anak-anak pahami dan bisa menerapkan di kehidupan setiap hari.

"Pramuka saka wira kartika diharap sanggup jadi filter di tengah-tengah kuatnya arus globalisasi yang berpotensi besar untuk mengubah watak anak negeri," kata Dandim.

Sementara itu, Kamabisaka millenial yang memegang sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho menghargai atas kegiatan kemping bakti saka wira kartika itu yang diadakan oleh Kodim 0708 Purworejo.

"Ini jadi momemtum untuk angkatan muda gunq menggemakan cinta ke NKRI, Kabupaten Purworejo dan lingkungan untuk masa yang akan datang. Pemda terus akan menggerakkan dan gerakkan pramuka dengan sediakan tempat untuk pusat latihan di daerah Herospark," kata Aan.

Aan mengharap, nantinya saka wira kartika akan lebih bagus karena mempunyai keunggulan di bagian pendidikan watak yang baik sekali dan keterdisiplinan untuk beberapa anggotanya.

"mudah-mudahan kedepanya saka wira kartika akan memberikan inspirasi dan memicu motivasi untuk sekolah lainnya di Kabupaten Purworejo," tutup Aan.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya