SUARA INDONESIA

Promosikan Wisata Purworejo, FIB UGM Yogyakarta dan Yayasan Nuhantra Ajari Siswa SLTA Purworejo Nulis Feature tentang Wisata

Widiarto - 23 July 2022 | 15:07
Pendidikan Promosikan Wisata Purworejo, FIB UGM Yogyakarta dan Yayasan Nuhantra Ajari Siswa SLTA Purworejo Nulis Feature tentang Wisata


PURWOREJO- Puluhan pelajar SMA/SMK/MA se- Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengikuti Lokakarya Penulisan Feature di Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Sabtu 23 Juli 2022.

Lokarkarya penulisan feature dengan mengambil tema Tujuan Wisata di Purworejo, Ayo Piknik ke Purworejo itu diselenggarakan oleh Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FIB Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo serta Yayasan Nuhantra Bhakti Budaya Purworejo. Kegiatan itu juga melibatkan Tim Pengabdian pada Masyarakat (PkM) dari UGM

Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan itu, penyair- budayawan Purworejo, Soekoso DM, Dosen prodi bahasa dan sastra Indonesia FIB UGM, Dr. Sudibyo, M.Hum, Dr. Cahyaningrum Dewojati, M.Hum, Drs. Heru Marwata, M.Hum, dan Saeful Anwar, S.S, M.A. Mereka menyajikan materi yang sama yaitu tentang pengalaman menulis Feature dengan berbagai versi pengalaman dari masing- masing nara sumber.

Tak hanya mendapat materi tentang cara menulis Feature yang baik, para siswa yang hadir juga berkesempatan mendapatkan doorprice berupa buku hasil karya penulisan dari narasumber yang diberikan kepada peserta yang aktif mengajukan pertanyaan.


Dosen prodi bahasa dan sastra Indonesia FIB UGM, Dr. Sudibyo, M.Hum, menjelaskan, lokakarya penulisan feature mengenai objek wisata di Purworejo ini bertujuan untuk turut serta  mempopulerkan destinasi wisata di  Purworejo agar semakin banyak dikenal, diminati, dan dikunjungi masyarakat.

"Selain itu, lokakarya juga dimaksudkan sebagai sarana membimbing siswa-siswa SMA/SMK/MA di Purworejo untuk mempelajari potensi diri mereka dalam menuliskan hal-hal yang dekat dengan diri serta kehidupan mereka, yakni destinasi wisata," kata Sudibyo.

Dengan lokakarya itu, tulisan para siswa diharapkan bisa menjadi sarana promosi dan dokumentasi penting bagi tujuan wisata di Purworejo, khususnya bagi wisatawan muda potensial dan masyarakat pada umumnya.

"Sebagaimana tahun lalu, tulisan para siswa nantinya juga akan diterbitkan dalam buku kumpulan feature setelah melalui proses konsultasi dan perbaikan," ujarnya.

Mengingat Purworejo memiliki cukup banyak destinasi wisata, Tim PkM berharap para siswa dapat mengeksplorasi semua objek wisata dan menuliskannya dalam bentuk feature yang hidup serta menarik.

"Semoga bisa menjadi salah satu bahan bacaan utama para pemandu wisata dan wisatawan yang akan mengunjungi Purworejo," pungkasnya.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya