SUARA INDONESIA

Kunci Jawaban Kelas 5 SD halaman 158 160 161 Buku Tematik Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4: Kapal Phinisi

Redaksi - 03 August 2022 | 14:08 - Dibaca 2.23k kali
Pendidikan Kunci Jawaban Kelas 5 SD halaman 158 160 161 Buku Tematik Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4: Kapal Phinisi
Simak kunci jawaban kelas 5 SD halaman 158 160 161 Buku Tematik tema 1.

SUARA INDONESIA - Inilah kunci jawaban kelas 5 SD halaman 158 160 161 pada Buku Tematik tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4 dengan judul 'Kapal Phinisi'

Kunci jawaban dalam artikel ini merupakan panduan atau referensi bagi orang tua atau wali dari siswa kelas 5 SD yang sedang mendampingi dan mengoreksi hasil pekerjaan tugas putra putrinya.

Kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD ini juga bisa langsung digunakan oleh siswa saat kesulitan menemukan jawaban.

Namun sebaiknya, siswa kelas 5 SD yang akan mencari kunci jawaban di artikel ini berusaha terlebih dahulu untuk mengerjakan tugas secara mandiri atau bersama teman-teman.

Kemudian, baru mencocokan dengan kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 158 160 161 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4 tentang Kapal Phinisi di artikel ini.

Berikut adalah kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD halaman 158 160 161 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4 mengenai Kapal Phinisi.

Kunci jawaban halaman 158 160 161

Ayo Membaca

Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia Kapal Phinisi adalah sebuah kapal layar kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Bahkan juga menjadi kapal kebanggaan bangsa Indonesia. Ketangguhan dan ketenaran kapal ini telah terdengar di seluruh penjuru dunia.

 Sudah sejak sekitar abad 14, kapal phinisi berlayar dan menjelajah samudera di seluruh dunia.

Konon, Phinisi ini diambil dari nama seseorang yang bernama Phinisi. Suatu ketika dia berlayar melewati pesisir pantai Bira.

Dia melihat rentetan kapal di laut, kemudian dia menegur salah seorang nakhoda kapal tersebut bahwa layar yang digunakannya masih perlu diperbaiki. Sejak saat itu orang Bira berfikir dan mendesain layar sedemikian rupa dan akhirnya berbentuk layar Phinisi yang seperti sekarang ini.

Atas teguran orang tersebut, maka orang-orang Bira memberi layar itu dengan nama Phinisi.

Kapal Phinisi adalah kapal istimewa. Kapal ini dibuat oleh tangantangan ahli tanpa menggunakan peralatan canggih dan modern. Seluruh bagian kapalnya terbuat dari kayu dan dirangkai tanpa menggunakan paku. Meskipun demikian, kapal ini telah membuktikan ketangguhannya dalam mengarungi samudra dan menjelajah negara-negara dunia.

Banyak upacara atau ritual yang dilakukan dalam membuat kapal Phinisi. Mulai dari pencarian hari baik untuk memulai pembuatan, upacara atau ritual mengusir roh jahat saat akan menebang kayu yang akan digunakan untuk membuat Kapal Phinisi, upacara atau ritual peletakan lunas dan pemasangan pengapit lunas, kemudian memasuki proses penggabungan dan pendempulan badan kapal.

Pada proses terakhir dilakukan peluncuran, namun sebelumnya juga diadakan upacara atau ritual selamatan. Semua upacara atau ritual itu dilakukan semata-mata untuk mengharapkan keselamatan dan kesejahteraan bagi pembuat, pemilik, dan penumpang kapal Phinisi.

Peluncuran kapal Phinisi dilakukan pada saat air laut pasang dan matahari sedang naik. Ketika kapal sudah mengapung di laut, barulah tiang dan layar dipasang. Kapal yang diluncurkan biasanya sudah siap dengan awaknya.

Adapun kepala tukang bertindak sebagai pelaksana utama upacara dan duduk di sebelah kiri. Doa dan mantra pun diucapkannya.

Klik >> Baca Selengkapnya

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV