SUARA INDONESIA

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pecinta Kereta Api di Jember Hias Lokomotif Benuansa Merah Putih

Wildan Mukhlishah Sy - 18 August 2022 | 17:08 - Dibaca 3.21k kali
Pendidikan Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pecinta Kereta Api di Jember Hias Lokomotif Benuansa Merah Putih
Hiasan bernuansa kemerdekaan yang dipasang pada lokomotif oleh Komunitas Railfans Daop 9 Jember. (Foto : Ambang/Krd9/SuaraIndonesia)

Jember, Suaraindonesia.co.id - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Sekumpulan Pemuda Pecinta Kereta Api di Kabupaten Jember melakukan kegiatan cuci dan hias lokomotif di Depo Lokomotif Jember, Rabu (17/08/2022).

Perkumpulan yang mereka namai dengan Komunitas Railfans Daop 9 Jember (KRD 9) itu bersama-sama menghias sebuah lokomotif dengan nuansa kemerdekaan sebelum akhirnya lokomotif tersebut digunakan untuk menarik rangkaian kereta api.

Ambang yang merupakan salah satu pengurus dari KRD 9 mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain sebagai bentuk perayaan kemerdekaan juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan jiwa kerja sama yang tingi dalam diri komunitasnya.

"Jadi kita menghias sebuah lokomotif, sebelum itu juga kita mencucinya agar bersih pada saat menarik rangkaian kereta api. Untuk hiasannya sendiri, kita menggunakan tema kemerdekaan karena momennya sangat pas," ujarnya kepada tim Suara Indonesia.


Selain itu, Ambang juga berujar jika kegiatan tersebut berkolaborasi dengan PT. KAI (Persero) Daop 9 Jember selaku operator kereta api dan lokomotif.

"Disini pastinya kita bekerja sama dengan PT. KAI selaku pemilik lokomotif dan kereta api. kita koordinasikan dengan Humas KAI dalam penyelenggaraan kegiatan ini, disamping itu kita juga mengundang dan mengajak komunitas lainnya yakni IRPS Korwil Surabaya dan OTC Banyuwangi," bebernya.

Dirinya juga menuturkan, hiasan yang terpasang pada lokomotif berupa bendera merah putih besar, bendera merah putih kipas dan juga pita merah putih.

"Terdapat dua buah bendera merah putih besar yang kita pasang di bagian depan lokomotif, ada juga bendera kipas yang dipasang di bagian bamper serta hiasan pita yang terpasang tepat di atas logo KAI bagian depan lokomotif," terangnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian Manajer Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Tohari menyampaikan jika pihaknya juga turut merasa senang dengan kehadiran para komunitas itu dalam kegiatan bernuansa kemerdekaan yang dihadirkan.

"Alhamdulillah saat ini kita bersama para Komunitas Pecinta Kereta Api di wilayah Daop 9 Jember sukses menggelar kegiatan cuci dan hias lokomotif," paparnya.

"Untuk lokomotif yang  dicuci dan dihias berjenis CC 201. Lokomotif itu digunakan untuk menarik KA Pandanwangi dari Jember ke Ketapang Banyuwangi," lanjutnya.

Tohari juga berharap agar komunitas pecinta kereta api di wilayah Daop 9 Jember bisa terus berkembang dan terus memaparkan hal-hal positif untuk PT. KAI dan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang sangat positif, apalagi untuk anak-anak muda mudi yang masih berstatus pelajar," tuturnya.

"Harapannya adalah agar mereka ini bisa terus berkembang serta memberikan dampak yang positif terutama bagi perkeretaapian di Indonesia dan seluruh masyarakat," tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV