SUARA INDONESIA

Perluas Syiar Kampus, Rektor UIN KHAS Jember Kini Bekerja sama dengan STIT IKN Nunukan Kaltara

Redaksi - 12 December 2022 | 18:12 - Dibaca 1.22k kali
Pendidikan Perluas Syiar Kampus, Rektor UIN KHAS Jember Kini Bekerja sama dengan STIT IKN Nunukan Kaltara
Penandatangan MoU. (Foto: Istimewa)

JEMBER - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember terus berkomitmen dalam mempermudah pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi bagi mahasiswa.

Segudang kerjasama dengan beberapa lembaga di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia terus digalang, sebab diketahui bermanfaat dan membantu beberapa proses evaluasi.

Mulai dari hasil pendidikan, daya serap alumni, sarana penelitian bagi pengembangan usaha dan industri, serta pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Rektor UIN KHAS Jember, Prof Babun Suharto, saat tengah rapat penandatangan nota kesepahaman dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Khaldun (STIT IKN) Nunukan, Kalimantan Utara, Jum’at, 9 Desember 2022, beberapa hari lalu.

Menurut Prof Babun, meski kerjasama UIN KHAS Jember dengan sejumlah negara di Asia telah terjalin lama, tidak lantas merasa cukup. 

Lebih lanjut, kerjasama antar perguruan tinggi dalam negeri kentara untuk terus digalang, lebih-lebih dengan perguruan tinggi yang secara geografis berada di perbatasan negara.

“Kerjasama ini, tentu akan berdampak pada kemajuan masing-masing lembaga (UIN KHAS Jember dan STIT IKN Kaltara - red),” paparnya.

Ikhwal tersebut, kata Prof Babun, sekaligus dalam rangka menggawangi implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui program pengabdian yang dikemas dengan KKN Integratif pada bulan Februari mendatang.

“Nanti mahasiswa akan belajar sekaligus mengabdi selama enam bulan, dan ini setara dengan 20 SKS,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua STIT IKN Nunukan Kalatara, Bahrul Ulum mengatakan, kerjasama tersebut merupakan kabar baik bagi segenap sivitas lembaganya. 

Menurutnya, alumni STIT kekinian tengah banyak menjadi ASN, penyuluh agama, dan Staff di beberapa Dinas.

Karena itu, pihaknya musti terus membangun sinergi untuk memberikan perubahan yang lebih baik.

“Semoga MoU ini memberikan keberkahan dan menjadi pilar kemajuan bagi STIT IKN Nunukan Kalimantan Utara,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV