SUARA INDONESIA

Tingkatkan Sektor Pendidikan, Bupati Sumenep Bebaskan Guru Berinovasi dalam Mengajar

Wildan Mukhlishah Sy - 02 May 2023 | 12:05 - Dibaca 1.99k kali
Pendidikan Tingkatkan Sektor Pendidikan, Bupati Sumenep Bebaskan Guru Berinovasi dalam Mengajar
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat menyerahkan piagam penghargaan pada Upacara Hardiknas 2023. Foto: Istimewa

SUMENEP- Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyatakan, dirinya memberikan kebebasan bagi seluruh guru yang ada di wilayahnya untuk berinovasi dan berkreasi dalam mendidik siswanya. 

Namun dia mengingatkan agar inovasi yang hadir dalam dunia pendidikan, harus tetap sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan alias tidak menyalahi aturan. 

Hal tersebut diungkapkan, saat dirinya diwawancarai oleh sejumlah media, usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, di lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Selasa (2/5/2023). 

"Guru diberikan kebebasan untuk berinovasi, sesuai dengan kaidah yang telah ada," ungkapnya. 

Menurut Fauzi, dengan kebebasan berinovasi tersebut, maka para guru harus mampu untuk memberikan motivasi, guna meningkatkan semangat belajar bagi para anak didiknya.

Karena sosok guru, kata Bupati tentu mengemban tanggungjawab besar, dalam mencetak generasi masa depan yang benar-benar dibutuhkan oleh bangsa dan negara. 

"Tanggungjawab seorang guru dalam mencetak generasi masa depan, tentunya sangat besar dan kami ingin itu dilaksankan dengan sebaik mungkin," ucapnya. 

Orang nomor satu di Sumenep itu, juga menjelaskan bahwa dirinya mendukung penuh adanya kurikulum merdeka.

Sehingga pembelajaran tidak hanya berfokus pada kegiatan formal, namun juga pengembangan karakter dari seluruh siswa. 

Fauzi mengungkapkan, bahwa karakter akan sangat mempengaruhi masa depan seseorang, untuk menjadi generasi yang berakhlak.

Dengan begitu, siswa nantinya mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan, bagi bangsa dan negara 

"Pengembangan karakter sangat penting untuk dilakukan, karena dengan begitu anak didik akan menjadi generasi yang berakhlak dan ilmu yang dimiliki bisa diimplementasikan untuk bangsa dan negara," imbuhnya. 

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Pemkab Sumenep tidak akan tutup mata atas perjuangan para guru di wilayahnya.

Untuk itu, ia berkomitmen akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam mensejahterakan para tenaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumenep. 

Sekedar diinformasikan, dalam Upacara Peringatan Hardiknas 2023, Bupati Fauzi juga menyerahkan berbagai penghargaan diantaranya Piagam Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) terstandarisasi Tingkat Kabupaten dan uang pembinaan guru berprestasi Juara 1 National Innovative Science Teacher Competition (NISTEC).

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV