SUARA INDONESIA

Cegah Hoaks Jelang Tahun Politik, Mafindo Sulbar Gelar Prebunking Campaign

Ade Windiarto - 24 September 2023 | 20:09 - Dibaca 1.04k kali
Pendidikan Cegah Hoaks Jelang Tahun Politik, Mafindo Sulbar Gelar Prebunking Campaign
Masyarakat Anti Fitnah (Mafindo) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelarPrebunking Campaign  di Pelataran Stadion Prasamya Majene, Minggu 24 September 2023.dok Mafindo

MAJENE, Suaraindonesia.co.id - Masyarakat Anti Fitnah (Mafindo) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Prebunking Campaign di Pelataran Stadion Prasamya Majene, Minggu 24 September 2023.

Prebunkig campaign adalah sebuah kegiatan kampanye  melawan atau menangkal penyebaran informasi hoaks. Hal ini dilakukan karena jelang tahun politik biasanya banyak ditemukan informasi yang tidak benar atau misinformasi.

Kegiatan berlangsung dihadiri ratusan peserta peserta dari masyarakat, masyarakat hingga penyelenggara pemilu.

"Kampaye prebungkin adalah memberikan edukasi seputar hoaks dan upaya pencegahannya, serta pengenalan Mafindo kepada masyarakat Sulawesi Barat," kata
Ketua Mafindo Sulbar, Dedy Aswan.

Menurut Dedy  edukasi ini penting agar bisa mencegah informasi hoax dengan cara meningkatkan sikap kritis  dan tidak mudah menyebarkan berita yang belum diketahui kebenaranya.

Sementara Komisioner KPU Majene,  Salma Mayasari sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang digagas Matindo Sulbar.

"Kegiatan ini sangat menarik dan sangat membantu KPU Majene dalam menyukseskan Pemilu 2024. Hoaks itu harus diperangi demi mewujudkan Pemilu yang berintegritas. Hoaks tidak boleh ada, di Majene khususnya," kata Salma Mayasari.

Sehari sebelumnya,  Mafindo juga menggelar kelas cek takta yang berlangsung di Aula Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Majene. 

Kelas Cek Fakta tersebut diikuti panitia pengawas kecamatan (panwascam) dan panwas kelurahan desa (PKD) se-Kabupaten Majene.

Acara itu  merupakan sebuah kolaborasi dengan Bawaslu Majene yang bertujuan untuk  mengedukasi dan melatih cek postingan hoaks.

Selain kegiatan  kampanye dan cek fakta, Mafindo juga menggelar berbagai kegiatan lainnya.

Seperti, Kelas Prebunking bagi mahasiswa, senam bersama, pemeriksaan kesehatan gratis dan permainan terkait pola penyebaran dan pencegahan hoaks.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ade Windiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV