SUARA INDONESIA

Hardiknas 2024: #Cari_aman Berkendara bagi Pelajar saat Berangkat Sekolah

Redaksi - 22 May 2024 | 10:05 - Dibaca 659 kali
Pendidikan Hardiknas 2024: #Cari_aman Berkendara bagi Pelajar saat Berangkat Sekolah
Sejumlah pelajar SMA saat mengikuti latihan berkendara MPM Honda Jatim. (Foto : MPM Honda Jatim untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, MALANG - Hari Pendidikan Nasional setiap tahunnya diperingati di bulan Mei. Di Hari Pendidikan ini, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT memberikan edukasi seafety riding kepada sejumlah sekolah di wilayah Malang dan sekitarnya. 

Sebab, saat beraktifitas para pelajar ini berkendara dengan sepeda motor Honda mulai dengan berangkat dan pulang sekolah maupun beraktifitas yang lain menyenangkan bagi pelajar untuk bersantai dan menikmati waktu luang. Untuk berkendara dengan #Cari_aman, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, rencanakan rute perjalanan dengan cermat sebelum berangkat. Kenali jalur yang aman dan minimalisir penggunaan jalan raya yang padat jika memungkinkan. 

Kedua, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dengan memeriksa rem, lampu, ban, dan cairan mesin sebelum berangkat. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadinya masalah teknis di tengah perjalanan.

Ketiga, patuhi aturan lalu lintas dan batas kecepatan. Meskipun mungkin bersemangat untuk segera mencapai lokasi yang di tuju, tetaplah tenang dan disiplin dalam berkendara. Jangan lupa untuk menggunakan lampu sein dan memberi jalan kepada pengguna jalan lainnya.

Keempat, perhatikan tanda-tanda lalu lintas. Sebab beberapa jalan mungkin memiliki jalan yang hanya satu arah atau zona khusus untuk pejalan kaki, jadi pastikan untuk memperhatikan dan mengikuti petunjuk yang ada.

Terakhir, hindari berkendara sambil menggunakan ponsel. Fokuslah sepenuhnya pada perjalanan dan lingkungan sekitar. Jika perlu menggunakan ponsel, parkirkan sepeda motor di tempat yang aman terlebih dahulu. 

“Dengan Semangat Sinergi Bagi Negeri, Keselamatan berkendara menjadi hal penting saat berada di jalan raya," kata Suhari, Marketing Communication dan Development Division Head MPM Honda Jatim.

"Untuk itu, baik pengendara sepeda motor, mobil, maupun sepeda harus memiliki kesadaran penuh akan keselamatan diri sendiri dan orang lain agar #Cari_aman saat dijalan," tandasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV